Ingin Otak Anda Makin Pintar, Lakukan Kegemaran Ini

Setiap manusia terlahir dengan level kepintaran berbeda pastinya dan itu semua adalah anugerah tuhan yang maha kuasa. Orang bodoh bukan tidak pintar namun penyebab lain yangmembuat orang tersebut tidak pintar. Penyebab yang paling menonjol adalah malas dan takut untuk belajar. Pintar bukan saja karena anugerah yang diberikan oleh tuhan yang maha kuasa, namun dengan giat belajar dan terbiasa dengan hal tersebut akan membuat orang bisa menjadi pintar.
Hal yang perlu anda lakukan adalah memakai potensi otak secara maksimal. Lalu apa saja kebiasaan yang telah menjadi hobi yang bisa membuat Anda pintar?, Hal berikut bisa membuat anda akan melatih diri untuk berangsur menjadi orang pintar dan menggunakan otak anda dengan maksimal : 
  1. Mendengarkan Musik, Hobi ini dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan analisis, bahasa, matematika, gerak motorik, dan lainnya. Bermain musik menguatkan corpus callosum-bundel serat saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan. Corpus callosum yang kuat dapat membantu manusia dalam meningkatkan keahlian, memori, memecahkan masalah, tanpa memandang usia Anda.
  2. Membaca apa saja, dari mulai buku anak, seperti Harry Potter, sampai koran, memberikan manfaat yang sama untuk otak. Hobi ini bisa menurunkan stress dan meningkatkan kepandaian. Kalau Anda senang membaca, maka kemampuan memecahkan masalah, memilah informasi, mendeteksi pola, memahami proses, dan merespon perasaan orang lain akan lebih baik.
  3. Olah raga teratur lebih baik manfaatnya ketimbang yang hanya sesekali dengan intensitas tinggi. Dengan olah raga, sel tubuh akan banyak mengandung BDNF, sebuah protein yang membantu kemampuan mengingat, belajar, fokus, konsentrasi, dan pemahaman. Banyak peneliti berspekulasi, manusia yang sering duduk dalam waktu lama akan membuat otak tidak bisa bekerja maksimal.
  4. Belajar Bahasa Asing, Lupakan bermain puzzle. Cobalah belajar bahasa asing. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang bilingual memiliki kemampuan memecahkan puzzle lebih baik daripada yang hanya bisa satu bahasa saja. Ditambah lagi, dengan bisa dua bahasa maka Anda punya kemampuan memonitor lingkungan sekitar dan mengarahkan perhatian pada proses.
  5. Uji Daya Ingat, Banyak siswa cerdas di sekolah dan perguruan tinggi menjejalkan informasi ketika menjelang ujian. Masalahnya, hal ini membuatnya menjadi cepat lupa dengan pengetahuan yang ia dapat. Salah satu alasan belajar bahasa baru membuat manusia lebih pintar adalah karena memerlukan pembelajaran kumulatif. Anda dituntut untuk belajar lagi tentang tata bahasa dan kosa kata. Di tempat kerja Anda bisa menerapkan konsep pembelajaran kumulatif ini. Cobalah melihat lagi hasil kerja yang lama, lakukan pengamatan ketika sedang negosiasi penting, dan buatlah jurnal kecil apa yang menarik perhatian Anda.
  6. Bermain Game, Sudoku, puzzle, teka-teki, permainan papan, video games, permaianan kartu, semua itu dapat meningkatkan neuroplastisitas. Hal ini mencakup perbuahan jalur saraf dan sinapsis, yang pada dasarnya adalah kemampuan otak menata dirinya kembali. Orang dengan neuroplastisitas tinggi jadi kurang rentan terhadap kecemasan dan depresi.
Itulah beberapa hal yang dapat anda coba untuk bisa anda lakukan agar otak anda berfungsi dengan baik dan bisa berdampak baik dalam otak anda agar anda semakin pintar dan cerdas. Pintar bukan ada begitu saja namun kepintar karena belajar dan terbiasa dengan hal baru dan rasa ingin tahu dan ingin memiliki dalam hal yang baik pasti. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

0 Response to "Ingin Otak Anda Makin Pintar, Lakukan Kegemaran Ini"

Posting Komentar