Menagih Utang Itu Perbuatan Baik

Semakin tinggi biaya hidup yang harus kita keluarkan dalam menempuh perjalanan panjang dalam dunia fana ini tidak dapat kita pungkiri dan elakan jika pada suatu ketika kita akan berhutang atau dihutangkan oleh teman dekat ataupun orang lain yang pada saat itu sangat membutuhkan uang untuk keperluan yang mendadak mungkin dan begitu juga dengan kita pada saat waktu yang kurang mengenakan diri kita terkena sebuah musibah dan pada saat itu keuangan kita sangat sulit sehingga kita meminjam uang untuk menutupi hal tersebut.
Bagi yang berhutang ataupun diutangkan memang sangat sesnsitif jika diomongkan karena hal ini merupakan bagian dari aib seseorang karena jika kita bicarakan orang yang banyak utangnya maka kemungkinan besar dia akan merasa minder atau tersinggung. Termasuk kita sendiri akan merasa malu jika utang yang kita punya belum sempat kita bayar dan ketika waktu harus bertemu dengan orang yang kita hutangkan maka ada timbul rasa malu dan bertanya-tanya dalam hati, “Mau menagih nggak ya dia?’, Atau merasa tidak enak hati padahal dia belum tentu dan ingat akan hal tersebut namun alusiasi kita sudah berkata iya.

Baik itu orang sulit seperti kita maupun orang kaya sekalipun, jika yang namanya hutang mungkin tak dapat dielakan bahkan negeri kita tercinta ini memiliki hutang yang cukup fantastis jumlahnya namun yang namanya hutang haruslah dibayarkan karena hutang merupakan sebuah kesepakatan dan janji yang harus dikembalikan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat dan merupakan dosa besar yang bukan saja didunia akan menyebabkan terjadi hal yang sangat menganggu hidup kita namun utang akan menjadi petaka nanti jika kau pergi dari dunia ini dan dialam sana utang akan menjadi titik berat jika kau akan ditahan diantara dua alam dan dirimu tak akan tenang disana jika kau masih ada utang diatas dunia ini.

Jika kau yang berutang atau orang lain berutang kepada anda, ada baiknya anda membayarnya jika anda telah ada uang untuk membayarnya. Begitu juga dengan orang yang berhutang kepada anda, ada baiknya anda mengingatnya dengan baik kapan akan dibayarkan hutang tersebut. Itu bukan karena anda berniat jahat dengan memaksa dia melunasai hutangnya namun demi kebaikan dia juga jika terjadi apa-apa dalam hidupnya karena kita tau waktu tak akan mampu kita tebak kapan kita akan lenyap dari dunia fana ini.

Menagih hutang bukan tidak baik bagi anda, namun menagih hutang adalah perbuatan baik demi kebaikan dia juga karena jika hutang tersebut terlalu lama kemungkinan besar akan lupa atau segaja melupakan saja dan kebanyakan sich begitu bagi yang mengutang. Itu tak boleh karena walaupun anda lupa atau segaja melupakan utang anda tersebut maka suatu hari nanti kau akan diingatkan dengan ketidaknyaman anda dialam kubur anda nanti dan sudah pasti itu akan jauh lebih buruk bagi anda.

Jadi, Bagi yang punya hutang, jika sudah bisa mengembalikannya, ya kembalikanlah kepada orang yang telah membantu anda setulus hati tersebut pada saat anda kesulitan waktu itu. Bagi anda yang dihutangkan jangan segan-segan untuk mengingatkan kepada mereka yang memiliki hutang kepada kepada anda karena menagih hutang juga perbuatan baik agar tidak terjadi hal yang lebih buruk dari pada itu dan jika anda diam saja berarti anda juga terkena dosanya nanti. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

0 Response to "Menagih Utang Itu Perbuatan Baik"

Posting Komentar