1 Okt 2016

Hai Bung, Kami Merindukan Sosok Pemimpin Sepertimu

Berjalan Menelusuri Kota Jakarta ini, tak segaja akuu melintasi Tugu Proklamasi yang berada di Jakarta Pusat ini. Sambil berjalan memasuki gebang dan mendekati patung kedua proklamator Indonesia yang beridri tegas dan tegap walaupun terik matahari dan hujan sering mengguyuri tubuh mereka disini. Berada didekat kedua patung ini, terpikir oleh untuk kembali kemasa lampau dimana kedua pemimpin ini adalah sosok yang gaga berani yang pernah berjuang untuk Indonesia ini ada seperti saat ini yang kita rasakan bersama.
Jika kita berbicara mengenai keduanya sang proklamator ini, Tentunya Tak asing lagi bila kita membaca dan mendengar sejarah tentang Presiden pertama RI ini yaitu Soekarno yg selalu melekat di Jiwa dan hati rakyat tanah air indonesia tercinta ini. Semua orang sudah pasti sangat merindukan sosok beliau dan bukan bangsa indonesia saja namun dunia yang tentunya memiliki cerita tersendiri bilan mengenang sang proklamator ini baik itu Bungkarno dan juga bung Hatta.

Jika berbicara mengenai Bung Karno maka kita akan menelusuri seidkit mengenai sosok beliau ini. Bung Karno adalah Sang Proklamator, seorang orator ulung yg bisa membangkitkan semangat nasionalisme Rakyat Indonesia. Beliau memiliki gaya kepemimpinan yg sangat populis, bertempramen meledak-ledak, tidak jarang lembut dan menyukai keindahan dan dia juga seorang seniman.

Bung Karno memiliki gaya dan jiwa kepemimpinan yang berorientasi pada moral dan etika ideologi yang mendasari negara atau partai, sehingga sangat konsisten dan sangat fanatik, cocok diterapkan pada era tersebut. Sifat kepemimpinan yangg juga menonjol dari Ir. Soekarno adalah percaya diri yang kuat, penuh daya tarik, penuh inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru. Sehingga pada puncak kepemimpinannya, pernah menjadi panutan dan sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan dari bangsa-bangsa Asia dan Afrika serta pergerakan melepas ketergantungan dari negara-negara barat.

Presiden pertama RI ini yaitu Ir. Soekarno adalah pemimpin yang kharismatik, memiliki semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi persatuan dan kesatuan serta kemerdekaan Bangsanya. Soekarno termasuk sebagai tokoh nasionalis dan anti-kolonialisme yg pertama, baik di dlm negeri maupun untuk lingkup Asia, meliputi negeri-negeri seperti India, Cina, Vietnam, dan lain-lainnya. Tokoh-tokoh nasionalis anti-kolonialisme seperti inilah pencipta Asia pasca-kolonial.

Dalam perjuangannya, mereka harus memiliki visi kemasyarakatan dan visi tentang negara merdeka. Ini khususnya ada dalam dasawarsa l920-an dan 1930-an pada masa kolonialisme kelihatan kokoh secara alamiah dan legal di Dunia. Prinsip politik mempersatukan elite gaya Soekarno adalah “alle leden van de familie aan een eet-tafel” (semua anggota keluarga duduk bersama di satu meja makan). Hingga saat ini sosok beliau selalu ada dihati masyarakat indonesia dan akan selalu abadi seperti jasa yang pernah dia torehkan untuk bangsa indonesia ini. 

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

1 komentar

Benar bangat. Pemimpin yang seperti sosok Bung Krno sangat kita rindukan. Sudah jarang orang yang seperti beliau. ;-(


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia