5 Okt 2016

Belajarlah Untuk Mengkritik Secara Sehat

Mungkin diri anda sendiri pernah melakukan hal ini tanpa anda sadari yaitu sikap mengkritik sebuah kebijakan, orang lain, kejadian ataupun hal lain sebagainya dimana hal tersebut menurut anda sangat tidak lazim ataupun bertentangan dengan apa yang ada dikepala anda. Seperti contoh pada saat anda menonton pertandingan sepakbola, dimana saat itu anda mendukung sebuah tim yang sedang bertanding dan pada saat berjalannya pertandingan banyak hal yang anda kritik seperti kebijakan wasit yang salah yang membuat keputusan itu dan ini, Pemainnya yang terlalu kasarlah atau begitu sulitkah mencetak gol padahal tinggal sendirian didepan gawang dan hal lain sebagainya yang membuat anda dongkol dan marah tanpa karuan.

Dengan keadaan diri seperti itu kita telah mengkritik pemain lawan dan tim kita sendiri tanpa kita tau jika itu memang kenyataan yang ada dan  karena anda tidak berada pada posisi itu jadi anda hanya menebak dan mengira jika itu mudah dan gampang untuk dilakukan padahal jika anda melakukannya belum tentu bisa dan coba saja anda bermain futsal mungkin lima menit saja anda sudah ngos-ngosan dan mungkin itu yang bisa ambil pelajarannya.

Beralih ke Negeri Politik dalam negeri ini sepertinya begitu juga dengan apa yang terjadi dalam negeri ini dimana kebanyakan orang hanya bisa mengkritik saja dengan berkata tidak sewajarnya tanpa mengetahui dan memikirkan apa yang sebenarnya terjadi dilapangannya. Kita kadang melihat dari segi teorinya saja, seharusnya begini, seharusnya begitu namun kita kadang tidak memikirkan jika teori dan kenyataaannya sangatlah berbeda jauh. Mengkiritk berbagai kebijakan yang diterapkan tidak sesuailah, tidak baguslah dan macam-macam lain sebagainya yang membuat semua yang dilakukan orang menurut kita tidak ada yang benar namun yang jadi pertanyaan, apakah kita bisa melakukannya atau apakah kita bisa berperan didalamnya seadainya anda berada di posisi itu?, atau Mungkin lebih buruk daripada mereka?.

Anda sendiri yang perlu menyadarinya jika semua hal itu tak perlu kau kritik jika anda belum mengetahu apa yang sebenarnya terjadi. Semua orang ingin menjadikan yang terbaik untuk negeri ini namun kadang hanya banyaknya kritik yang tidak sesuai yang membuat mereka berubah arah menjadi tidak baik karena kita tau setiap omongan yang ktia keluar merupakan doa dan jika anda berbicara orang itu tidak baik dan tidak becus dan orang itu ini dan itulah maka kemungkinan besar itu akan terjadi. Jadi jika mengkritik, mengkritiklah dengan sehat dan sewajarnya dengan ada dasarnya.
Begitu juga dengan dunia blogging yang kebanyakan dari orang hanya bisa mengkritik tulisan apa ini dan berita tidak bermutu dan lain sebagainya tanpa mereka berpikir jika mereka belum tentu bisa melakukannya. Tak perlu kita saling mengkritik yang benar kita saling memberi masukan dan saling memberi petunjuk agar apa yang telah dirangkum, apa yang telah ada dapat berjalan menjadi lebih baik lagi. Jika sudah saatnya saling menghargai karya orang lain, hasil jerih payah orang lain dan jika kita saling menghargai satu dengan yang lain tanpa ada kritik pedas didalamnya maka akan lebih berjalan roda kehidupan yang lebih nyaman , aman tanpa ada ada permusuhan, sakit hati dan perihal buruk lainnya.

Apalagi Saat ini Pilkada DKI akan segera berlangsung dan berharap kita tidak ambil andil dalam kritik mengkritik untuk menjatuhkan kandidat calon peserta, biarkan mereka berkarya dengan kerja keras sendiri untuk dapat mebuktikan diri jika mereka memang pantas untuk dipilih dan dapat menjadikan ibukota Indonesia ini menjadi lebih baik lagi. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia