21 Sep 2016

Budaya Membaca Masih Asing Di Indonesia

Melihat laporan dari UNESCO, jika kemampuan membaca Indonesia hanya memiliki 0,001 persen berarti kita asumsikan dari 1000 anak di Indonesia ini hanya satu anak yang mampu membaca satu buku sampai habis. Dari data tersebut dapat di lihat juga bagaimana minat baca anak Indonesia sangat rendah dan tentunya sangat memprihatinkan bagi bangsa ini kedepannya. Padahal membaca merupakan jendela dunia dan merupakan dasar dari ilmu pengetahuan untuk seseorang meraih kesuksesan dalam hidupnya bagi secara pribadi maupun bermansyarat berbangsa dan bernegera. Lewat membaca juga, kita bisa mengetahui segala informasi yang terjadi pada belahan dunia ini.
Membaca merupakan modal awal sebelum kita bisa menulis, karena membaca merupakan ladang ilmu pengetahuan sehingga memperbanyak ide kita untuk menulis. Bahkan, dapat membuat kita mengetahui bidang lain diluar bidang yang kita senangi. Membaca merupakan momok membosankan karena kita hanya melihat tulisan hitam dan putih. Berbeda dengan menonton Tv, main gedge, disana kita bisa mendengar dan melihat keadaan di sekeliling apa lagi ditemani dengan kopi. Lalu membaca buku dengan gaya bahasa yang membosankan, tentu membuat malas untuk membaca buku khususnya bagi anak-anak zaman sekarang tentunya masih jauh dari harapan dari gemar membaca dan mereka lebih sibuk main game online dan menghabiskan waktu seharian hingga malampun mereka tak luput dari hal yang sama.

Terlambat untuk membaca dan menjadikan membaca budaya di Indonesia?, Belum terlambat karena itikat baik ini perlu di apresiasikan dan bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan untuk mengajak orang untuk gemar membaca agar terhindar dari kebododohan. Pada bulan ini yang merupakan bulannya pembaca buku di Indonesia. Bulan ini akan diadakan event terbesar bagi para pemerbit dan penikmat literasi dalam acara Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) yang akan diadakan pada 28 September hingga 2 Oktober 2016. Acara tahunan ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). Semoga event ini dapat memotivasi generasi penerus bangsa untuk meningkatkan gemar membaca mulai saat ini. Ayo kita galakan budaya membaca di negeri ini agar kita menjadi lebih cerdas dalam menyikapi setiap persoalan agar Bangsa ini maju karena sumber manusia rajin membaca. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

1 komentar

1 dari 1000 anak = 0.1%
Kalo 0.001% = 1 dari sejuta anak


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia