29 Sep 2016

Agar Aman Berkampanye Melalui Medsos, Inilah Peraturan Pilkada DKI 2017

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan segera berlangsung pada bulan Februari dan April 2017 nanti, dimana putaran pertama dilakukan Pada bulan Februari dan Putaran kedua terjadi pada bulan April 2016. Dalam hal berkampanye tentunya tidak terjadi dilapangan saja namun pihak KPU Memperbolehkan berkampanye di media sosial. Para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur diperbolehkan berkampanye melalui media sosial selama masa kampanye berlangsung tentunya dengan beberapa ketentuan  dan aturan yang harus digunakan oleh para relawan pendukung masing-masing calon.
Seperti yang dikatakan oleh ketua KPU yaitu Bapak Sumarno, Ketentuan pertama adalah aku media sosial pasangan calon harus terlebih dahulu didaftarkan ke KPU DKI paling lambat satu hari sebelum masa kampanye berlangsung yang akan dimulai pada tanggal 28 oktober 2016. Kedua, Calon pasangan harus mengisi formulir yang disiapkan KPU DKI terkait aku media sosial yang digunakan. Formulir yang harus calon pasangan bernama BC4 KWK (Kepala Daerah-Wakil Kepada Daerah) dimana didalamnya harus diisi nama akunnya dan alamatnya dan ada berapa jumlah media sosila yang dimiliki.

Ketentuan ketiga adalah setiap pasangan calon yang berkampanye lewat media sosial tidak boleh menyebarkan isu SARA atau membangkitkan sentiment rasial dalama arti setiap pasangan tidak boleh berkampanye hal-hal yang bersifat menyerang, menghasut, fitnah dan menghina kelompok/pasangan lainnya. Sementara soal relawan dunia maya yang melakukan serangan berupa isu SARA maka pihak KPUD tidak bertanggungjawab dan diluar kewenangan.

KPUD hanya tidak berwenang jika diluar pasangan calon berkampanye melanggar aturan tersebut karena pihak akan menyerahkan kasus tersebut pada pihak yang berwenang yaitu pihak berwajib karena telah berurusan dengan UTE pastinya. Semoga saja dalam tahap kampanye baik itu dalam dunai nyata maupun maya berjalan dengan tertib demi Jakarta yang lebih baik lagi. Sukses untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia