KRAKATAU STEEL PEDULI MASYARAKAT

KRAKATAU STEEL PEDULI MASYARAKAT – Jika kita berbicara mengenai perusahaan yang bergerak dalam produksi baya maka tak salah lagi jika itu berkaitan dengan berhubungan dengan Perusahaan baja termuka dan terpadu dinegeri kita tercinta ini yaitu PT. Krakatau Steel (Persero),Tbk yang berada di Cilegon. PT. Krakatau Steel (Persero),Tbk memiliki pandangan kedepan dan optimis mampu mengenalisir persaingan pasar baja beberapa tahun kedepan yang tentunya akan berkembang sangat cerah. Hal tersebut ditandai dengan berbagai aksi nyata Krakatau Steel yang menggandeng perusahaan-perusahaan besar untuk Joint Venture membentuk perusahaan patungan baja demi memenuhi kebutuhan baja bagi masyarakat dinegeri ini bahkan internasional nantinya.
PT. Krakatau Steel (Persero), Tbk yang berdiri sejak tahun 1970 ini memiliki sejarah yang sangat bagus dan sudah berpengalaman dalam bidang produksi baja ini. Apalagi dengan lowongan kerja yang sangat banyak setiap tahunnya, membuat masyarakat tertarik untuk bergabung meniti karir di Krakatau Steel ini. Terlebih jika mendengar standar gaji karyawan di perusahaan baja ini sangat tinggi bila dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang berada di kawasan industri Cilegon, jadi tak salah jika banyak dari masyakarat setempat sangat mendukung perkembangan dari Krakatau Steel ini.

Perlu anda ketahui pula, Jika Krakatau Steel tercatat sebagai perusahaan yang bermitra baik dengan pemerintah dan masyarakat di Kota Cilegon maupun kota lainnya. Krakatau Steel telah banyak mengukir sejarah untuk mengharumkan nama kota Cilegon di kancah nasional maupun internasional sehigga saat ini Kota Cilegon mendapat sebutan Kota Baja orang mengenalnya. PT. Krakatau Steel telah berkomitmen untuk melaksanakan berbagai program CSR secara berkelanjutan, baik di bidang pendidikan, sosial keagamaan, lingkungan, maupun kesehatan.

Seperti halnya program Gerakan Krakatau Steel Peduli Masyarakat merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi dalam program CSR tersebut. Berbagai aksi peduli masyarakat selalu digelar oleh Krakatau Steel sebagai bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Perusahaan yang sudah berusia 45 tahun ini sudah banyak meluncurkan program bantuan dalam berbagai bentuk seperti santunan, aksi cepat tanggap, bantuan langsung dan program amal lainnya. Pemberian bantuan untuk warga miskin setiap tahunnya, membangun rumah untuk warga Baduy Lebak pada 2013, pelatihan dan pengembangan minat masyarakat merupakan sebagian contoh nyata yang dilakukan Krakatau Steel dalam membangun bisnis sekaligus membangun kepercayaan masyarakat.

Krakatau Steel bergerak dengan hati nurani dalam program kepedulian ini. Tercatat setidaknya ada 4 lembaga penopang perusahaan untuk menjalankan berbagai macam program yang dicanangkan. Program tersebut diantaranya adalah :
  • Divisi Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL)
  • Baitul Maal Krakatau Steel & Group
  • Yayasan Pendidikan Warga Krakatau Steel
  • Badan Pembina Olahraga dan Seni Krakatau Steel
Berangkat dari kepercayaan masyarakat dan rasa kepedulian yang tinggi, Krakatau Steel kembali menggelar program tersebut di Cilegon. Kerjasama Krakatau Steel yang diwakili oleh Baitul Maal KS dengan Pemerintah Kota Cilegon berhasil mewujudkan program renovasi rumah untuk masyarakat Cilegon. Tidak tanggung-tanggung, Krakatau Steel melakukan renovasi 10 rumah yang tersebar di 8 kecamatan di Kota Cilegon.

Dalam rangka memperingati HUT Krakatau Steel ke-46 program renovasi rumah di khususkan bagi warga Cilegon yang kurang mampu. Peletakan batu pertama yang dilakukan oleh General Manager Security & General Affair PT KS Agus Nizar Vidiansyah pada Kamis (2/6) menandai berjalannya proses renovasi rumah di 8 kecamatan se-Kota Cilegon tersebut. la menjelaskan, program renovasi rumah yang dilakukan tahun ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Program bantuan tersebut juga dikemas agak berbeda, di mana pada tahun ini pihak PT KS merenovasi rumah dengan menggunakan bahan material baja untuk rangka rumah yang akan dibangun. “Rumah dibangun dengan rangka baja ini supaya kembali pada jati diri PT KS sebagai perusahaan yang memproduksi baja, "ujarnya.

Pada tahun lalu, Program yang juga bertepatan dengan suasana bulan Ramadhan, Krakatau Steel menggelar pembagian zakat, infaq, dan shadaqoh yang dikumpulkan oleh semua karyawan Krakatau Steel sebagai bentuk rasa peduli  untuk masyarakat di Aula sekretariat BMKSG. Industri baja terpadu milik pemerintah terbesar di tanah air, Krakatau Steel dan Group mencanangkan sosialisasi pengelolaan gratifikasi dengan tema “Krakatau Steel Group Bersih dan Beretika Melalui Pengelolaan dan Pengendalian Gratifikasi”. Hal-hal seperti ini yang perlu untuk di contoh oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga tumbuh dan berkembangnya sebuah perusahaan terlihat dari mekanisme kerjanya yang terpantau dan tersistem secara real-time.

Sebagai bentuk rasa terima kasih Krakatau Steel kepada masyarakat yang telah bekerjasama mengingatkan aset perusahaan yang harus dijaga dan menjaga nama baik perusahaan dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, Krakatau Steel dan Group berupaya melakukan pengendalian terhadap hal-hal tersebut dengan membangun sistem Good Corporate Governance (GCG).

Berdasarkan ketentuan umum pasal 1 Undang-undang Tenaga Kerja tahun 2003 no 17, serikat buruh/serikat pekerja merupakan organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya. Pada 17 Tahun yang lalu melalui inisiatif karyawan yang peduli terhadap perusahaan, PT. Krakatau Steel membentuk sebuah wadah organisasi/ serikat kerja untuk karyawan sebagai bentuk penyelamatan aset perusahaan terhadap kebangkrutan atau pindah tangan kepada pihak asing.

Serikat karyawan Krakatau Steel yang berupaya menciptakan kesejahteraan telah menjadi salah satu organisasi besar yang juga peduli masyarakat. Banyak program SKKS yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat kota Cilegon dan membantu masyarakat dalam berbagai aspek seperti santunan keluarga miskin, pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Bentuk kesejahteraan yang dikelola oleh karyawan kini telah mampu berjalan secara mandiri adalah Primer Koperasi Krakatau Steel (Primkokas). Sebuah usaha berbadan hukum yang dikelola secara bersama ini tumbuh menjadi sebuah kawasan yang menarik bagi masyarakat dan menguntungkan bagi karyawan. Sebuah kawasan dengan deretan pusat pertokoan yang telah mengembangkan sayap di beberapa jaringan bisnis seperti mini market K-Store yang juga memiliki cabang di Serang, V-nice Bakery, Restaurant, Agen Perjalanan, dan lain sebagainya.

Primkokas menjadi salah satu barometer koperasi di ruang lingkup perusahaan Kota Cilegon dengan berbagai raihan prestasi yang pernah dicapai sejak berdiri tahun 1991. Beberapa prestasi yang diraih Primkokas antara lain :
  • Tahun 2006 PRIMKOKAS meraih Predikat SEHAT untuk Penilaian kesehatan Koperasi Simpan Pinjam berdasarkan Sertifikat Nomor : 518/05/Diskoptan/2006
  • Pada tahun 1995 sebagai Koperasi Perkotaan Jenis Konsumen Teladan Utama Tahun III Tingkat Nasional.
  • Memperoleh predikat sebagai Koperasi Fungsional Teladan Tingkat Nasional tanggal 12 Juli 1992
Tahun 1991 PRIMKOKAS telah memperoleh Sertifikat Klasifikasi pada klas A (sangat mantap) dengan nilai 98

Itulah ulasanya mengenai sepak terjang dari keberadaan dari PT. Krakatau Steel (Persero), Tbk ini dikota Cilegon. Semoga bermanfaat untuk anda informasi ini dan sukses selalu untuk Krakatau Steel. Untuk Para blogger yang ahli dalam SEO, Krakatau Steel sedang mengadakan kontes SEO milad KS-SKKS 2016. Untuk mengikutinya silakan menuju kontesnya DISINI.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment