14 Jul 2016

Cara Meningkatkan Kontrol Diri Agar Tidak Lapar Mata Bersama LightHOUSE Indonesia

Kita hidup didunia ini memang butuh makan  agar badan kita tidak lemah dan tubuh sehat selalu namun bukan makan untuk hidup. Bila hidup untuk makan saja maka anda tidak akan mampu bertahan hidup pastinya. Makan tentunya juga ada aturan dan polanya dan tak sewena-wena agar bisa sehat makan tak tak teratur sehingga konsumsi makanan tersebut bukannya membuat tubuh kita sehat justru membuat kita sakit. Jangan kita setiap melihat makanan selalu ingin menyantapnya padalah itu belum baikuntukkesehatan dan tubuh kita. Hal itu sering orang bilang lapar mata. Lapar mata merupakan sebuah Kebiasaan pada saat melihat makanan maka rasa ingin untuk memakanannya menggebu-gebu walaupun pada saat itu anda baru saja makan alias sudah kenyang.
Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya lapar mata adalah belum bisa mengontrol diri dalam ururan kesehatan tubuh atau belum mengerti mana yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Berbicara dalam hal lapar mata tersebut, maka penulis mengutip pembahasan yang ada di acara healty talkshow di SCTV Tower bersama Psikolog LightHOUSE Indonesia yang mengatakan bahwa faktor yang menyebabkan lapar mata diantaranya adalah Budaya, Alam bawah sadar, Diri Sendiri, dan sebuah kebiasaan. Untuk lebih detailnya dari keempat factor yang menyebabkan seseorang sulit untuk mengontrol lapar mata dalam dirinya sebagai beriktu :
  • Budaya (Culture)
Maksud dari kata Budaya disini adalah tempat atau lingkungan dimana seseorang itu tinggal atau tempat menghabiskan keseharianya atau bisa juga orang yang berada disekelilingnya seperti keluarga yang memang dari dulu seperti itu. Melihat lebih detail lagi jika Budaya disuatu tempat ternyata sangat berpengaruh terhadap pola makan seseorang Karena situasi dan kondisi masyarakat setempatlah yang dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Jadi tak heran jika seseorang yang memiliki kebiasaan ini sulit untuk mengontrol diri dalam urusan makanan dan sudah pasti dia akan sulit untuk mengontrol berat badan dan kesehatanya.
  • Alam Bawah Sadar
Maksud dari alam bawah sadar disini adalah ketika seseorang melihat makanan yang lezat dan enak ada rasa ketertarikan dalam dirinya untuk mencicipinya. Namun setelah dia sekedar mencicipinya dia lupa atau kata lainnya di keterusan dan ketagihan untuk melahapnya hingga habis dan tanpa dia sadari dia telah memakan banyak makanan tersebut padalah dia tau bahwa dia takut berat badannya bertambah atau lagi diet. Alam bawah sadar ini sering sekali melanda mereka yang dalam tahap diet dan menjaga berat badannya.
  • Diri Sendiri (Personality)

Sikap pribadi manusia tentunya sangatlah berbeda karena seperti yang kita ketahui bersama karakter dan kepribadian seseorang itu pastinya tak ada yang sama walaupun dia satu keluarga. Begitu juga dengan pola dan cara makan tentunya berbeda-beda. Ada yang doyan makan tanpa terkontrol alias lapar mata, ada pula yang jarang makan dan ada pula yang begitu teratur dalam menjaga pola makannya.
  • Kebiasaan (Habit)
Sebuah kebiasaan seseorang biasanya sudah melekat sejak kecil. Karenanya seperti begitu puls dengan lapar mata yang dialami oleh orang tersebut susah sekali diatasi karena sudah menjadi kebiasaan sejak awal. Namun hal ini bisa saja diatasi dengan cara kontrol diri dan niat yang kuat. Oleh karena itu, seseorang harus bisa mengontrol diri agar tidak lapar mata dengan tujuan untuk menjaga pola makan yang sehat dan kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Itulah empat hal yang menyebabkan seseorang menganut dalam dirinya lapar mata. Lalu Bagaimana mengatasinya dan cara mengontrol dirinya agar lapar mata tersebut bisa diatasi. Kita harus mengerti dahulu apa itu Kontrol diri. Kontrol diri merupakan kemampuan diri untuk dapat mengendalikan hasrat, keinginan, dan emosi tertentu untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Begitu juga dengan makananan, control diri sangatlah perlu karena jika tidak tubuh anda akan sulit untuk merasakan kesehatan yang baik dan juga sangat berpengaruhi dalam penampilan jika berat badan anda selalu bertambah dan gampang sakit.

Seperti perkataan dari psikolog dari LightHOUSE Indonesia ini juga yaitu Ibu Tara de Thours "Jika tidak ada kontrol diri hal ini dapat menyebabkan binge eating atau makan yang berlebihan, ataupun lapar mata. Sementara jika kontrol dirinya terlalu ketat bisa terjadinya anoreksia. Yang benar adalah yang moderat, sedang-sedang saja".

Apa itu LightHouse Indonesia?, LightHOUSE Indonesia merupakan klinik atau tempat penurunan berat badan yang sudah terpercaya dan teruji lebih dari selama 11 tahun mereka melayani dalam hal penurunan berat badan ini. Perlu anda ketahui bersama pula Jika Klinik LightHOUSE Indonesia ini membantu klien untuk masalah kesehatan tubuh seperti kelebihan lemak dan nafsu makan tak terkontrol, untuk mencapai berat ideal serta meningkatkan kontrol diri. Jadi klinik ini sangat lengkap pastinya untuk anda berkonsultasi mengenai hal yang saya bahas diatas dan juga menangani berbagai keluhan akan berat badan anda. Untuk lebih detail dan jelasnya lagi, anda dapat berkunjung mengunjunginya website dari LightHouse Indonesia ini DISINI.


Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan semoga kesehatan selalu menyertai hidup anda, amin. Terima kasih dan sukses selalu untuk LightHOUSE Indonesia.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia