Masih Adakah Pancasila Di Negeri Ini?

Hari ini senen 1 Juni 2016 merupakan lahirnya pancasila yaitu lambing negera kita tercinta Republik indonesia. Penetapan Lahirnya pancasila 1juni ini merujuk pada pidato presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno dalam siding penyedik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato itu lahirlah konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negera indonesia terbentuk. Sejak hari itu pancasila ditetapkan sebagai lambang negera Indonesia sebagai dasar terbentuknya seiring berjalan Negera Indonesia hingga saat ini.

Jasa para pahlawan tentunya tak akan pernah mampu kita balas, dengan menghargai jasa mereka merupakan salah satu bentuk kita berterima kasih kepada mereka dan bentuk akan sadarnya kita betapa kita berada batang tubuh Republik Indonesia dan sudah selayaknya kita menghormati apa yang telah dijadikan dasar yang baik untuk kemajuan negeri ini secara menyeluruh. Namun perjalanan Pancasila bukanlah perjalanan yang indah untuk bisa berdiri dikaki sendiri di negeri pertiwi ini karena berbagai pemberontakan menjiwai hadirnya Pancasila dalam negeri ini dan hingga saat ini juga masih banyak dari generasi kita yang tak mengerti apa itu pancasila.
Menelusuri dari butir-butir yang tertera dalam batang tubuh pancasila itu sendiri, seharusnya bangsa indonesia menjadi negeri yang begitu aman, sejahtera, adil dan makmur yang bersyukur selalu atas nikmat tuhan yang maha esa. Namun sebaliknya buitr dari pancasila itu sendiri seakan masih tabu dalam negeri ini dan hingga saat ini Pancasila hanya terpampang sebagai lambing saja tanpa mereka memahami dan mengerti apa yang dimaksud dari adanya butir pada pancasila tersebut.

Berbagai kisruh dan perdebatan semakin sulit dikendalikan dinegeri ini, berbagai kerusuhan, ketidakadilan dan kesejahteraan yang masih jauh dari harapan pendahulu para pahlawan kemerdekaan hingga saat ini seakan hanya dongeng belaka dan kemerdekaan hanya berpihak pada mereka yang memiliki lebih sedangkan rakyat negeri ini masih ada yang belum makan hingga saat ini. Untuk itu Indonesia sudah selayaknya mengembalikan Pancasila dalam bentuk apapun karena pancasila itu kebaikan dan kebenaran yang diciptakan atas dasar tuhan, keadilan, sejahteraan menyeluruh tanpa ada perdebatan dan perbedaan dalam rasa satu dan kesatuan bangsa Indonesia. Selamat hari Lahir Pancasila 1 Juni 2016.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment