10 Jun 2016

Karena Puasa Bukan Sekedar Lapar Dan Dahaga

Saat ini bulan Ramadhan penuh berkah sedang bernaung ditengah umat islam diseluruh dunia. Bulan Ramadhan tentunya diwajibkan bagi yang beriman kepada Allah SWT untuk melaksanakan perintahnya yaitu berpuasa selama sebulan penuh. Berpuasa bukanlah sebuah perintah yang memberatkan dan membuat kita menderita karenanya namun perintah berpuasa mengandung berbagai arti dan makna didalamnya karena berpuasa itu sendiri bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja dari matahari fajar hingga matahari terbenam namun lebih dari itu berpuasa merupakan sesuatu misteri yang harus dipecahkan oleh manusia itu sendiri agar puasa yang dia laksanakan berpengaruh pada kehidupan yang dia jalani baik selama bulan ramadhan dan setelahnya.
Hal yang pertama yang dapat dipetik dari arti perintah berpuasa adalah melatih diri untuk merasakan penderitaan orang lain dalam kaitanya agar kita merasakan betapa masih banyak orang yang diluar sana yang merasakan begitu sulit kehidupan yang mereka jalani tanpa ada makanan dan minumpun sulit agar kita bersyukur akan kehidupan yang kita jalani masih bisa makan enak dan minum sesuka hati. Dengan merasakan hal itu agar diri kita belajar untuk berbagai dan bersedekah akan rejeki yang kita miliki untuk mereka yang sangat membutuhkan bantuan dari kita.

Hal kedua yang dapat dipetik dari berpuasa adalah melatih hawa nafsu akan dunia baik itu secara rohani maupun jasmani. Kita tau hawa nafsu merupakan hal yang sangat sulit untuk ditaklukan dan pengaruhnya sangat signifikan terhadap diri kita dan Rasulullah SAW pun pernah bersabda jika lawan yang terberat umat muslim setelah perang yang mereka lakoni adalah perang melawan hawa nafsu. Hawa nafsu merupakan polemic dimana hingga saat masih menjadi senjata yang mematikan untuk kita mendekatkan diri kepada sang pencipta. Hawa nafsu bukan saja soal wanita ataupun pria namun hawa nafsu banyak kaitanya dalam kehidupannya dan mengadung arti yang luas difenisikan seperti hawa nafsu untuk ngomongin keburukan orang lain. Hawa nafsu untuk memiliki itu dan ini tanpa ada batasnya dalam syukur dan berbagai hal lain yang tak lepas dari pengaruh dari hawa nafsu tersebut.

Hal ketiga yang dapat dipetik dari berpuasa adalah menahan emosi untuk menjadi manusia yang sabar dalam menghadapi kehidupan yang dijalani diatas dunia. Dengan berpuasa kita selalu ingat untuk tidak marah, tidak emosi karena kita selalu takut dan merasa diawasi oleh maha kuasa agar puasa kita tidak sekedar hanya menahan lapar dan dahaga saja namun memiliki pengaruh lain yang dapat menjadikan diri yang lebih baik.

Hal Keempat dengan kita berpuasa adalah kita selalu mengingat Tuhan karena apapun hal yang kita kerjakan ketika berpuasa maka kita selalu ingat jika kita sedang berpuasa dan kita sudah pasti tidak melakukan hal itu agar puasa kita tidak batal karena hal yang kita lakukan tersebut. Dan puasa merupakan ibadah yang sangat intim karena berpuasa hanya kamu dan tuhanmu yang tau jika kamu sedang berpuasa sedangkan orang lain tak akan pernah tau apakah kamu berpuasa atau tidak. Bisa saja kau kau berpuasa dihadapan mereka namun sebenarnya kau tidak berpuasa dan mereka mana tau kau berpuasa atau tidak.

Jadi berpuasa merupakan ikatan yang kuat antara satu manusia dengan Allah SWT tanpa perantara apapun dan tak salah jika Allah SWT berfirman jika pahala puasa seseorang dinilai langsung darinya. Tak perlu mengaku puasa atau tidak yang jelas apapun yang kau sebut puasa yang kau jalani akan kau ketahui oleh dirimu sendiri dan sang maha kuasa saja. Betapa ibadah puasa ini penuh dengan misteri didalamnya dan sangat berbeda dengan ibadah lainnya seperti sholat sudah pasti mereka akan tau jika kamu sedang sholat, jika bersedekah sudah pasti mereka juga akan tau jika kamu sedang bersedekah walaupun kau tak menampakan diri dalam memberi namun sudah pasti akan ketahuan juga nanti dan begitu juga dengan amalan yang lain akan terlihat gerak dan wujudnya namun puasa tidak demikian adanya karena puasa itu tidak ada yang tau apakah kamu puasa atau tidak dan itu rahasia yang kau miliki bersama Allah SWT. Semoga Ramadhan kali ini dapat memberikanmu banyak materi mengenai arti puasa yang sesungguhnya bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia