2 Mei 2016

Ulasan Film Ada Apa Dengan Cinta? 2

Tentunya bagi anda yang menikmati masa dimana film pertamanya rilis 14 tahun silam masih tersimpat sebuah pertanyaan dalam hati anda akan bagaimana dengan kelanjutan akan kisah mereka setelah mereka berpisah. Hingga rasa itu masih tersimpan rapi menunggu jawaban akan kelanjutan kisah mereka maka pada tahun ini rasa itu akan terjawab sudah karena film keduanya telah rilis tepatnya pada tanggal 28 April 2016 kemaren yang juga bertepatan dengan hari puisi nasional untuk mengenang sastrawan hebat indonesia yaitu Chairil Anwar yang sudah pasti anda hafal betul sosok beliau ini dalam film pertama AADC? Ini yang sangat kental dengan puisi yang ada dalam film ini yaitu sebuah buku berjudul “AKU”.
Nah, penasaran dengan dengan cerita dibalik film keduanya ini antara rangga dan cinta?, berikut saya ulaskan sedikit seperti yang tahu dari film yang pada tanggal 29 kemaren saya menyaksikan film kedunya ini. Film kedua ini sudah pasti akan melanjutkan certa pertamanya yang terpisahkan dibandara dimana rangga harus pergi ke Amerika bersama Bapaknya untuk melanjutkan kuliahnya. Perpisahan itu begitu romantic dimana dibandara itulah saksi bisu dimana rangga memberikan kecupan pertama kepada cinta dan menyisakan kenangan indah bersama puisi yang diberikan kepada cinta saat itu. Berikut Puisi yang Rangga berikan Untuk cinta yang dibaca cinta disaat pulang bersama teman-temannya :
Namun perjalanan cinta jarak jauh mereka tak seindah apa yang mereka inginkan karena kita tahu menjalani hubungan jarak bukan perihal yang mudah dan sudah pasti sangat sulit dibina dan seperti itulah yang terjadi pada rangga dan cinta yang terpisah oleh dua benua pada akhirnya mereka berpisah dengan dedikasi rangga yang berperan sebagai pihak yang memutuskan hubungan indah itu karena alasan yang belum sempat rangga ceritakan secara langsung kepada cinta yang membuat cinta sangat menderita menanggung rindu tanpa alasan tersebut.

14 tahun sudah mereka berpisah oleh waktu, maka pada saat yang tidak terduga rangga yang sudah menetap di new York selama itu pula kedatangan adik tirinya yang memberikan pesan kepada rangga untuk segera pulang ke Indonesia untuk menemuai ibunya yang pada kala itu telah berpisah dengan Alm Ayahnya. Adik tirinya tersebut memberikan sebuah foto ibundanya dan sebuah alamat agar dia kembali ke indonesia untuk menemukan ibunya tepatnya di Yogyakarta (Jogja). Dengan Kebimbangan yang menyeruap dalam hati pada akhirnya Rangga kembali ke Indonesia namun dalam hatinya masih tersimpat dengan rapi jika dia kembali Ke Indonesia sudah pasti akan kembali pada cerita lamanya yang pernah mengisi indah dalam hidupnya yaitu cinta.

Sekembalinya ke Indonesia, Rangga langsung mendatangi rumah cinta yang dulu pernah dia tahu dan juga melihat rumahnya yang dulu dia tinggali bersama Alm Ayahnya ketika masih SMA dulu. Karena cinta sudah pindah saat ditanya kepada penghuni rumah tersebut, akhirnya Rangga pergi ke Yogyakarta untuk mencari alamat ibunya dan saat mengeliling kota istimewa Yogyakarta, tema-teman cinta melihat sosok yang taka sing lagi pernah mereka kenal masa SMA dulu yaitu rangga. Dengan keadaan itu mereka mengejar rangga yang pada kala itu mengelilingi memotretkan keindahan kota jogja.

Hasil dari pertemuan itu, mereka menceritakan semuanya kepada cinta akan hadirnya rangga di kota Jogja tersebut yang pada waktu yang bersamaan cinta dan teman-temanya itu sedang berlibur juga di kota jogja tersebut. Dengan hati yang berdetak kencang dan muka yang memerah, cinta seakan tak mau teman-temanya tahu jika dia sangat senang jika rangga ada disana juga dan itu terlihat jelas kepura-puraan dia pada saat teman-teman cerita sola rangga.

Dengan penuh rasa penasaran akan hadirnya rangga di kota Jogja tersebut, maka cinta dalam pikiranya penuh Tanya, akankah dia bertemu lagi dengan sosok pria bernama rangga yang pernah mengisi indah dalam hidupnya masa SMA dulu atau tidak dan rasa kerinduan itu terus menganggu pikiranya. Namun bagaimana dengan pertunanganya yang telah dia jalin dengan seorang pria yang saat ini mereka jalani dan haruslah dia memilih rangga dan meninggalkan pria yang saat mengisi hidupnya?. Karena teman-temanya cinta ingin sekalimenyelsaikan masalah rangga dan cinta yang belum jelas apa yang terjadi antara mereka berdua, maka teman-temanya merencanakan pertemuan rangga dan cinta disebuah pegelaran seni lukis yang ada di jogja tersebut.

Pada malam itu mereka bertemu untuk pertama kalinya namun reaksi cinta bukannya indah namun karena rasa sakitnya yang masih belum dapat dia bending karena diputuskan oleh rangga pada kala itu membuat pertemuan mereka hanya terjadi sesaat saja. Karena rencana itu bukan atas keinginan cinta maka terjadi pertengkaranya dengan temannya yang bernama karmen pada malam itu dan akhirnya mereka sejenak hening karena cinta mengeluarkan perkataan yang menyakitkan hati karmen.

Namun permintaan maaf Cinta mampu menyatukan persahabatan mereka kembali dan pada waktu yang bersamaan ketiga sahabatnya mereka berunding agar si cinta seera bertemu rangga untuk menyelesaikan kisah mereka karena cinta akan segera menikah agar tidak terjadi kesalahpaham antar mereka berdua yang menjadi dendam. Namun bagaimana dengan Alya yang juga menjadi bagian dari film pertama mereka?, ternyata Alya meninggal karena mengalami kecelakaan waktu itu.

Dengan kesepakatan dengan sahabatnya itu, akhirnya cinta menyetujui untuk bertemu dengan rangga di sebuah kedai kopi di Jogja dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang pernah terjadi. Pertemuan pada awalnya dingin penuh  Tanya dan cintalah yang lebih banyak bicara karena menuduh rangga yang telah meninggalkannya waktu itu. Namun tak ada kesempatan rangga untuk menjelaskan perihal akan dirnya memutuskan hubungan tersebut.

Hingga waktu yang mengizinkan rangga untuk berbicara, maka rangga mengajak cinta untuk pergi dari kedai kopi tersebut untuk menjelaskan ke cinta sambil melintasi kota jogja akan apa yang dilakukan cinta itu adalah hal yang medesak dan keadaan yang tak mampu dia bending ketika itu. Sambil melintasi sudut demi sudut kota jogja, obrolan mereka semakin akrab namun sempat terjadi kontak fisik karena cinta tidak suka dengan obrolan rangga yang pada akhirnya cinta memberi tamparan di muka rangga namun itu hanya sesaat karena cinta tidak pergi begitu saja karena setelah dia menampar rangga dia kembali lagi untuk meminta maaf kepada rangga.
Dengan perasaan yang masih tertanam indah dalam hati, rangga memaafkan atas insinden tersebut dan mereka kembali membuka pembicaraan dengan melintasi kota jogja dengan menyewa sebuah mobil agar perjalanan mereka lebih indah. Dengan waktu yang dia berikan untuk bersama temanya hanya sebentar namun hingga malam datang cinta belum juga pulang dan itu membuat teman-teman panic dan cinta selalu memberi alasan agar mereka tidak usah panic akan keadaannya bersama rangga.

Obrolan hangat dan benih cinta yang masih tertanam rapi dalam hati mereka masing-masing membuat perjalanan mereka tak terasa waktu malam hingga pagi tak terasa mereka lewati bersama. Berbagai cerita dan penjelasanya telah rangga ceritakan kepada cinta pada waktu sehari hingga subuh membuat cinta semakin tak mampu lepas jika rangga masih bertahta indah dalam hatinya. Romantis pada saat perpisahan di bandahara dulu terulang kembali ketika cinta mengecup indah bibir rangga ketika rangga mengantarkan cinta pulang ke villa dan mereka akan tidak akan saling bertemu lagi.

Hingga hati yang gelisah dan perasaan yang belum temukan jawabanya yang pasti, kedua insah salong gelisah ketika mereka jauh dan cinta telah kembali ke Jakarta. Lewat pesan singkat rangga mengirimkan pesan agar dia ingin bertemu cinta sekali lagi. Dengan pesan itu cinta menjadi binggung karena pada saatnya yang bersamaan dia sedang menjalani asmara dengan kekasihnya di Jakarta dan walaupun belum sempat cerita soal rangga kepada kekasihnya itu. Karena jawaban dari cinta tak kunjung datang dan tidak dibalas, rangga nekat ke Jakarta untuk menemukan cinta yang gallerynya. Pertemuan rangga dengan cinta tak berjalan dengan baik karena cinta seakan memberi jawaban agar rangga tidak lagi menemukanya. Dengan rasa kecewa dan kemarahan dalam hati, akhirnya rangga pergi yang pada waktu yang bersamaan kekasih cinta sempat bertemu rangga didepan pintu.

Dengan keadaan itu, kekasih cinta mulai curiga jika cinta masih mencintai rangga seperti dulu dan itu membuat dia bertanya kepada cinta dan cinta menceritakan apa yang terjadi pada saat dia liburan di joga dan bertemu dengan rangga. Dengan rasa yang kecewa maka rangga memutuskan untuk kembali ke New York Kembali dan cinta yang telah dapat izin dari kekasihnya untuk menyusul rangga dibandara namun mobil yang dia kendarai hampir mengalami kecelakaan berat namun untung saja cinta tidak terjadi hal yang buruk.

Karena rangga tak bisa lagi dia susul ke bandara, maka cinta memutuskan untuk menyusulnya rangga ke New York dan pada saat cinta datang ke gallery café rangga terlihat rangga sedang dipeluk oleh seorang gadis, maka dengan wajahnya yang amat sakit, cinta langsung keluar dan rangga memutuskan untuk mengejarnya dan menjelaskan jika gadis tersebut merupakan karyawanya yang telah dianikan gajinya dan gadis itu senang lalu memeluknya. Dengan penjelasan cinta percaya dan mereka bersatu dalam kecupan hangat akan akhir dari kisah cinta mereka berakhir dengan bahagia.

Mungkin masih ada sepenggal cerita yang tidak dapat ceritakan dalam ulasan film AADC? 2 ini saya harap maklum. Semoga ulasanya dapat memberikan gambaran untuk anda menyaksikan langsung cerita mereka berdua di Bioskop kesayangan anda, semoa bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia