20 Apr 2016

Tips Agar Tidak Jadi Pengangguran Ketika Lulus Kuliah

Banyak Dari mereka yang ketika lulus kuliah binggung harus kemana, harus bagaimana dan apa yang harus dilakukan. Ketika kebingungan itu melanda anda, maka janganlah menjadi alasan untuk anda menjadi seorang pengangguran kelas berat. Buka pikiran anda, buka langkah anda dan jangan panic dan terpaku akan keadaan karena seiring langkah yang kau ayunkan, seiring itu pula tuhan akan memberikanmu jalan keluar dari permasalahan yang sedang kau hadapi.
Lihat dirimu dan lihat cara orang lain agar dirimu dapat mencari jati diri jika dirimu juga bisa melakukanya dan akan sukses seperti mereka pula. Namun kadang hal ini sulit untuk dilakukan karena terepaku dengan berbagai hal, apalagi pada saat anda lulus kuliah anda belum pernah bekerja secara formal ditempat kerja, namun jangan kuatir selagi matahari terbit semua bisa lakukan dengan syarat ada kemauan dan sudah pasti ada jalanya.

Menindaklanjuti masalah yang terjadi ini, maka bagi anda yang sedang kuliah saat ini maupun yang sudah lulus, berikut beberapa hal yang dapat mendorong anda akan cepat dapat kerja ketika anda lulus nanti atau yang sudah lulus. Berikut tips yang dapat mendorong anda tidak akan nganggur ketika lulus kuliah :
  • Berprestasilah Semasa Kuliah
Banyak orang beranggapan jika berprestasi itu orang yang pintar, namun sebenarnya berprestasi itu tak perlu pintar namun berprestasi itu mengadung arti yang luas karena berprestasi identik dengan kebiasaan seseorang melakukan hal tersebut lalu dia kembangkan dalam sebuah metode hidupnya lalu berkembang menjadi sebuah cara yang dapat bermanfaat untuk orang lain. Arti berprestasi adalah kita memiliki keahlian dalam bidang yang kita tekuni dan kita mampu mengubah sesuatu menjadi hal yang bermanfaat baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Contohnya saja ketika mahasiswa mengambil jurusan teknik mesin dan dia sangat memahami dan menekuni sebuah cara untuk membuat motor menjadi irit misalnya, maka itu disebut sebuah keahlian.

Nah, Jika anda pada saat kuliah berprestasi seperti ini, maka anda tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan ketika anda lulus kuliah nanti, apalagi anda juga berotak encer, maka bukan anda yang mencari kerja tapi pekerjaan yang mencari anda.
  • Ikut Komunitas Ketika Kuliah
Biasanya disetiap kampus sudah pasti ada yang namanya komunitas dan komunitas ini tentunya sangat baik anda dalam berbagai hal seperti jika anda pengemar futsal, maka anda bisa ikut komunitas tersebut, dan masih banyak lagi komunitas lain yang hadir dikamlus tersebut. Tahukah anda, jika komunitas dikampus tersebut bisa anda manfaatkan ketika anda lulus nanti karena biasanya komunitas itu bisa anda manfaatkan untuk sementara waktu mencari pengalaman dan anda akan sangat mudah karena sudah terbiasa dengan dunia luar atau umum dan manfaat komunitas juga baik bagi perkemabangan diri dalam hal komunikasi.
  • Perbanyak Teman Ketika Kuliah
Semasa anda kuliah, jangan pernah yang namanya pilih teman karena kata orang sich teman itu bisa jadi rejeki nanti buat kita ketika sedang dalam keadaan sulit. Sepertinya hal itu benar adanya karena ketika anda pada saat kuliah banyak teman maka otomatis pergaulan anda akan luas dan ketika anda lulus kuliah nanti, ikatan pertemanan sudah pasti tidak akan putus dan ketika itu pula ketika belum juga mendapatkan pekerjaan maka teman kita mungkin sudah bekerja dan disana ada lowongan kerja dan kita bisa bekerja juga disana atau teman kita punya bokap orang kaya dan perusahaan maka kita bisa melamar disana karena ada teman kita disana. Masih banyak lagi manfaat dari pertemanan ini ketika anda tidak segan-segan mencari teman sebanyak-banyaknya ketika kuliah karena bisa menolong anda ketika anda belum mendapatkan pekerjaan nanti ketika anda lulus kuliah.
  • Jangan Terpaku dengan Jurusan
Biasanya kebanyakan mahasiswa ketika lulus kuliah terpaku dengan jurusan yang diambil pada saat kuliah. Jika hal ini sudah terjadi, maka dia akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Ingin bekerja sesuai jurusan tidak ada yang melarang, namun kadang menunggu waktu akan hal itu kadang terlalu lama sehingga dalam keadaan mencari dan tempat kerja yang sesuai dengan jurusan maka kelamaan kita akan menganggur nantinya.

Bekerjalah dahulu apa yang bisa dikerjakan, Jika anda sudah memiliki penglaman, maka suatu hari kelak anda bisa mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan jurusan kuliah anda dan jangan terlalu kaku dalam menjalani apa yang seharusnya dijalankan.
  • Jangan memasang Target dahulu
Siapa yang tidak mau sukses dalam karirnya, semua orang sudah pasti inginkan hal itu terjadi dalam hidupnya. Seperti halnya ketika seseorang lulus kuliah sudah pasti menginginkan pekerjaan yang menjanjikan agar dapat merasakan jerih payah mereka ketika masih kuliah. Jika anda pada saat baru lulus kuliah memasang harga seperti ini, maka anda akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan impian anda karena anda akan pilih-pilih pekerjaan nantinya dan pada akhirnya anda tidak bekerja sama sekali alias menganggur.
  • Jangan gengsi, Malu dan Takut Untuk Mencoba
Hal ini sering juga terjadi, mungkin juga banyak terjadi pada mereka yang baru saja lulus kuliah. Seperti halnya mereka yang kuliah ditempat mahal, sudah pasti ingin kerja yang sebanding dengan tempat kuliah mereka dan ingin mendapatkan gaji yang sebanding pula. Belum lagi mereka yang malu dan gengsi untuk mencoba mencari kerja, kesana malu dan kesini takut dan itu tak pernah bisa anda lakukan jika selalu bersikap seperti itu dan akan kesulitan mendapatkan pekerjaan sepertinya.

Jangan gengsi, malu dan takut ketika anda ingin mendapatkan pekerjaan ketika lulus kuliah nanti. Percaya diri dan bekerjalah terlebih dahulu sebagai batu loncatan untuk menggapai impian anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Semangat dan tidak pantang menyerah maka itu akan membuat anda akan mudah menjadi sukses.
  • Kembangkan Potensi Diri
Setiap orang sudah pasti memiliki keahlian namun hanya saja orang tersebut tidak menyadari hal itu bisa membautnya sukses dalam hidupnya. Jika saja mereka mengetahuinya dengan baik dan menjalankanya dengan baik pula maka hal ini bisa menjadi sebauh jalan menuju apa yang ingin mereka raih dalam hidup mereka. Seseorang memiliki keahlian dan kelebihan buat itu dan ini, namun kadang mereka tak mampu capek dan lelah terlebih dahulu namun mereka hanya terbuai dalam hal instan saja tanpa memikirkan hal yang mereka miliki lebih baik jika mereka menekuninya dengan baik.

Jangan terpaku ketika anda lulus kuliah ingin bekerja, jika anda memiliki keahlian diri akan sesuatu, maka lebih baik itu dikembangkan saja karena itu jauh lebih baik dari pada anda menjadi pekerja dan anda akan menciptakan lapangan pekerjaan nantinya.

Mungkin masih banyak cara lain agar tidak menjadi pengangguran ketika anda lulus kuliah nanti. Seperti layak saya yang ketika lulus kuliah sambil mencari pekerjaan ngurusin blog dengan hoby yang saya miliki yaitu menulis. Walaupun tak seberap hasilnya namun saya bukan dibilang sebagai pengangguran. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sukses untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

1 komentar

Tapi kalo kerja di luar jurusan kuliah malah kuping panas sama orang tua yang gak may ngerti. Ditambah keluarga besar yang ikut campur. Malah makin rumet


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia