28 Apr 2016

Ngopi Tradisi Hangat Masyarakat Indonesia

Kopi memiliki sejarah yang sangat kental dengan peradaban indonesia dari masa ke masa, mulai dari masa colonial belanda hingga kemerdekaan indonesia dan kopi bagian dari itu yang selalu memiliki cerita unik disetiap goresan indah dihati mereka. Hampir disetiap daerah di indonesai memiliki racikan dan ramuan masing-masing mengenai kopi ini agar mampu memberikan rasa dan nikmat yang dapat mengntarkan kehangatan diantara mereka dalam menikmatinya.

Seperti halnya dikampungku sarolangun Jambi yang begitu kental dengan suasana santai dengan sajian kopi yan menyatukan perbincangan dalam jalinan silaturahmi yang erat. Jika bertamu ke rumah tetangga ataupun para pendatang, maka yang pertama disajikan disini adalah kopi, apakah orang itu doyan kopi atau tidak yang jelas dikampungku telah menjadi tradisi jika setiap tamu yang datang akan disuguhkan kopi untuk menu pembukanya. Tak akan menjadi masalah jika orang tersebut tidak suka kopi dan mengabaikanya namun  penghormatan pertama pada tamu yang datangbersilaturahmi adalah kopi.
Hingga saat ini melalui berbagai proses perkembangan zaman namun tradisi ini akan selalu hidup seperti sediakala dimana tak ada perubahan dan tak ada yang berubah dari masa ke masa, ngopi merupakan hal yang selalu ada yang dapat mempererat jalinan silaturahmi antar masyarakat setempat dan diantara itu semua terkandung nilai hidup bermasyarakat yang hangat dan selalu mengalir senyum ditengah mereka.

Bukan saja dikampungku akan kebiasaan ngopi ini, namun didaerah lain ditanah air ini tentu memiliki cara sendiri untukmenikmati kopi ini dan itu tentunya memilikicerita sendiri hadir ditengah mereka. Ngopi seperti halnya sebuah lagu yang akan mengantarkan pada sebuah harapan, semangat dalam mengiringi gerak langkah disetiap individu penikmat kopi. Hingga menyebar ke seluruh dunia jika pada saat ini kopi telah menjadi barang yang sangat bernilai ekonomi tinggi karena mungkin anda pernah ngopi disuatu tempat hingga mereka menjual kopi dengan harga tinggi itu taka sing lagi untuk didengar karena kita kopi merupakan produk yang selalu memberikan satu cerita disetiap sekali sedutan.

Tak salah jika ada seseorang berkata “Aku nggak semangat pai ini karena belum ngopi” atau dengan bahasa lainya yangmenyebtukan jika kepada saya akan pusing jika belum ngopi. Itu salah satu perkataan tradisi yang melekat dalam sejarah perjalanan kopi di indonesia ini dan tak heran memang jika kopi selalu hadir disetiap obrolan mereka, etanh itu dirumah, direstoran, ditempat nongkrong atau tempat kumpul lainnya.

Ngopi dulu sini, ngopi yuk dan ngopi dulu aja, ajakan yang bermakna fiksi dan sastra dalam menikmati kopi ditanah air ini dan itu akan selalu ada hingga nanti karena penikmat kopi akan merasa kehilangan jika kopi ini menghilang dari negeri ini. Kopi telah menjadi bagian dari peradaban sejarah ditanah air ini dan kopi telah memberikan banyak makna disetiap tawa dan canda di hati mereka. Jadi, sudah ngopikah anda hari ini?.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia