Menelusuri Panorama Keindahan Wisata Provinsi Jambi

Sumatera identik dengan alamnya yang masih segar dan merupakan hamparan hutan yang masih luas. Sumatera merupakan sebuah pulau di Indonesia yang terlatak dekat dengan Pulau Jawa. Sumatera memiliki 10 provinsi yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Mayoritas Penduduk yang ada di Pulau Sumatera adalah orang Melayu dan salah satu provinsi yang menjadi kediaman orang melayu adalah Provinsi Jambi.
Provinsi Jambi merupakan sebuah provinsi yang memiliki nama yang sama dengan ibukotanya seperti Bengkulu dan Gorontalo. Jambi merupakan tempat berasalnya orang Melayu, sehingg tak heran jika mayoritas penduduknya adalah orang melayu. Hal itu terjadi karena di Jambi terdapat sebuah Kerajaan Melayu  yaitu di Batang Hari sehingga penduduk melayunya pun menyebar diseluruh daerah Jambi.

Jambi merupakan sebuah Provinsi yang menjadi sumber utama penghasil produk perkebunan dan kehutanan di Sumatera. Hal itu disebabkan Jambi memiliki suhu udara yang berkisar antara 23 C sampai dengan 31 C sehingga sangat cocok untuk perkebunan dan kehutanan. Jadi jangan heran jika kita bekunjung ke Jambi dan sepanjang jalan yang kita lihat adalah hutan dan kebun, yaitu sekitar 60% dari luas seluruh lahan. Di Jambi,  terdapat sebuah suku yang benar-benar masih memegang teguh adat istiadat mereka yaitu suku anak dalam. Mereka adalah sebuah suku yang tinggal didalam hutan dan mengasingkan diri dari kehidupan modern dan keramian, sehingga mereka hidup hanya bergantung dari alam seperti jaman batu dahulu.

Masyarakat Jambi merupakan masyarakat yang heterogen, yang terdiri dari masyarakat asli Jambi dan masyarakat suku Melayu. Selai itu, ada suku kerinci dan sekitarnya yang berbahasa dan berbudaya mirip dengan Minangkabau. Namun, ada juga para pendatang yang bersuku Jawa, Batak, Minangkabau, Sunda, Cina dan India. Sebagian besar masyarakat Jambi beragama Islam, yaitu sebesar 90% sedangkan sisanya beragama Kristen, Buddha, Hindu dan Konghucu.
Tempat Wisata alam Jambi saat ini banyak yang kurang di minati oleh para pengunjung, hal itu disebabkan karena yang mereka tau Jambi hanya memiliki hutan dan kebun, padahal Jambi juga memiliki objek wisata yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya yaitu Candi Muaro Jambi. Dahulunya Jambi merupakan daerah kekuasaan kerajaan Sriwijaya sehingga tak heran jika banyak sekali candi dan prasasti yang ada di Jambi dan salah satunya Candi Muaro Jambi ini. Candi ini merupakan sebuah candi yag beralirkan Buddhisme, candi ini dikenal sebagai kompleks wisata terluas di Indonesia.

Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi bersusunan batu bata merah ini sebagai situs warisan dunia yang patut di jaga. Selain candi, di temukan juga perkakas untuk memasak di tempat ini, yang digunakan oleh para biksu dan pastinya memiliki hubungan dengan kerajaan Sriwijaya. Jadi bagi para pengunjung yang ingin berfoto yang berlatarkan candi yang tersusun dengan batu merah dan sekaligus belajar sejarah, mereka bisa berkunjung ke candi ini yang beralamatkan di Muaro Sebo, kabupaten Muaro Jambi atau sekitar 26 km dari pusat kota.

Tempat wisata Jambi lainnya yang menarik untuk di kunjungi adalah Danau Sipin. Danau Sipin juga terkenal dengan Solok Sipin oleh warga setempat. Danau ini terletak di kecamatan Talanaipura. Danau ini tak hanya berfungsi sebagai tampat berwisata, danau ini juga digunakan untuk budidaya ikan air tawar, seperti ikan mujair dan ikan nila. Di tengah danau, kita bisa melihat banyak sekali keramba dan jala milik nelayan. Namun, jika anda tidak puas hanya berada di pinggiran danau dan ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, para pengunjung bisa menyewa sebuah perahu dayung yang menampung 3-4 orang dengan biaya sewa Rp.5000/Orang. Jika merasa lapar, kita langsung dapat mampir di deretan warung yang ada di pinggir danau. Disana kita bisa memilih menu apa saja yang mau kita makan. Tentunya banyak pula menu seafood yang bisa kita pilih.

Selain Candi dan Danau, tempat wisata Jambi yang menarik lainya adalah Tanggo Rajo. Tanggo Rajo ini merupakan objek wisata yang sangat cocok bagi para pengunjung yang hanya ingin duduk menghabiskan waktu sorenya dengan bercengkrama bersama keluarga atau sahabat sembari menikmati kuliner yang tersedia. Pada akhir pekan, tempat wisata satu ini menjadi favorit bagi para pemancing. Tak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, Tanggo Rajo ini juga digunakan sebagai lokasi peringatan HUT Jambi. Bagi anda para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini, anda bisa langsung datang di jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.

Berikut ini beberapa Pesona tempat wisata yang ada di Jambi :
  • Wisata Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi merupakan tempat wisata daerah Jambi peninggalan dari kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi beraliran Buddhisme ini merupakan candi terluas yang ada di Indonesia, selain itu pada tahun 2009 UNESCO menetapkan bahwa candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi. Candi Muaro Jambi ditemukan pada tahun 1820, kemudian pemerintah Indonesia melakukan pemugaran terhadap candi pada tahun 1975. Sebagai salah satu tempat wisata daerah Jambi yang memiliki nilai sejarah tinggi, Candi Muaro Jambi patut untuk anda kunjungi. Di sini anda dapat melihat candi, perkakas rumah tangga jaman kerajaan dan juga keramik Cina dari dinasti Song. Candi Muaro Jambi berlokasi di Kecamatan Muaro Sebo, Muaro Jambi kurang lebih 26 KM dari pusat kota.
  • Wisata Tanggo Rajo
Tanggo Rajo merupakan tempat wisata daerah Jambi yang cocok anda nikmati pada sore hari atau malam hari, tempat ini akan ramai di sore atau malam hari karena anda bisa menikmati keindahan sungai terpanjang di Sumatera yaitu sungai Batanghari. Tidak hanya sungai Batanghari, tempat wisata daerah Jambi ini juga memiliki kuliner yang tidak patut untuk anda lewatkan. Menikmati jagung bakar sambil melihat matahari tenggelam merupakan momen yang tak boleh anda lewatkan di tempat ini. Jika anda datang ke sini pada akhir pekan, anda akan melihat banyak pengunjung yang memancing di Tanggo Rajo. Tanggo Rajo terleta di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.
  • Wsiata Monas Jambi
Mendengar kata Monas yang terlintas di pikiran anda pasti adalah Monas yang berada di Jakarta, tapi jangan salah Monas tidak hanya ada di Jakarta di Jambi juga ada Monas. Tempat wisata daerah Jambi ini merupakan replika dari Monas yang berada di Jakarta. Jika anda warga Jambi atau Sumatera yang tidak sempat datang ke Jakarta untuk melihat Monas, anda bisa datang ke kompleks pemerintah kota Jambi untuk melihat Monas Jambi. Monas Jakarta dan Monas Jambi memiliki perbedaan pada ukuran monumennya, Monas Jambi memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Monas Jakarta. Salah satu tempat wisata daerah Jambi ini juga memiliki keunikan pada tiap sisi monumen yang terdapat empat buah jam dinding dan empat buah angsa.
  • Wisata Gunung Kerinci
Gunugn Kerinci merupakan gunung tertinggi di sumatera dan merupakan objek wisata yang sangat indah di sini karena alamnya yang khas, asri, sejuk dan hamparan persawahan dan danau yang menajubkan tentunya akan memanjakan mata anda ketika adan berkunjung ke sini. Pikiran akan cerah dan fresh tentunya karena pedesaan disini sangatlah ramah penduduknya dan tentunya akan semakin bermakna jika anda menginap disini.
  • Wisata Kebun Teh Kayu Aro
Kebun the kayu aro merupakan kebun the tertua kedua didunia dan merupaakn tertinggi di Indonesia dan tak perlu diragukan lagi jika kebun the yang terletak di bawah kaki gunung kerinci ini merupakan kebun teh dengan menghasilkan the hitam berkualitas yang telah di ekspor ke berbagai Negara eropa. Jika anda berkunjung ke jambi, jangan lewatkan untuk pergi ke puncak gunung teh yang berada di jambi ini yang menyimpan sejarah yang luar biasa.
  • Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Tempat wisata daerah Jambi ini tak hanya menawarkan taman rekreasi saja tetapi juga menawarkan sarana olahraga dan juga wisata budaya. Taman mini di Jambi ini mirip dengan Taman Mini di Jakarta, perbedaanya adalah pada ruang lingkup yang ditampilkan di taman, jika Taman Mini di Jakarta menampilkan seluruh budaya Indonesia, Taman Mini Jambi ini menampilkan budaya dari kabupaten yang ada di Jambi. Sedangkan Taman Rimba Jambi merupakan kebun binatang yang berisi berbagai spesies binatang. Sebagai tempat wisata daerah Jambi yang dibanggakan oleh warga Jambi, Taman Mini dan Taman Rimba Jambi merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Taman ini terletak di Jalan Sunaryo sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.
  • Wisata Kolam Renang Tepian Rajo
Kolam Renang Tepian Rajo merupakan salah satu kolam renang yang sudah berstandar Internasional di Jambi. Tempat wisata daerah Jambi ini berukuran 20 x 50 meter, yang dibagi menjadi dua bagian yaitu kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak. Cukup banyak sekolah di sekitar Kolam Renang yang memanfaatkan tempat wisata daerah Jambi ini sebagai tempat untuk memberikan pelajaran renang kepada siswa-siswanya. Selain itu juga terkadang Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat latihan atau juga pertandingan untuk olahraga polo air. Kolam Renang Tepian Rajo belokasi tidak jauh dari pusat kota Jambi, yaitu sekitar 6 KM tepatnya di Jalan Kapt. Sujono.
  • Wisata Danau Sipin
Danau Sipin terkadang oleh warga sekitar disebut juga solok sipin, di daerah danau tersebut ‘solok’ bermakna danau. Jika anda berwisata ke danau yang merupakan salah satu tempat wisata daerah Jambi ini, anda dapat melihat banyak keramba dan jala milik nelayan sekitar di tengah danau. Jika anda ingin menikmati keindahan danau, anda juga bisa menyewa perahu dan berkeliling mengitari danau. Setelah lelah berkeliling mungkin anda akan merasa lapar, anda bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan langsung di warung-warung yang berada di sekitar danau. Selain merupakan tempat wisata daerah Jambi, Danau Sipin juga digunakan sebagai tempat budidaya ikan air tawar diantaranya adalah ikan nila dan ikan mujair.
  • Wisata Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi merupakan salah satu tempat wisata daerah Jambi yang tidak hanya menawarkan keindahan tapi juga ilmu, karena di taman ini anda bisa belajar bagaimana merawat anggrek dengan baik dan benar sesuai jenis anggreknya. Jika anda merupakan penggemar bunga khususnya bunga anggrek, di tempat ini anda bisa menemukan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di area seluas 2,5 hektar. Hanya dengan 2.000 rupiah untuk dewasa dan 1.500 untuk anak-anak, anda sudah bisa menikmati keindahan tempat wisata daerah Jambi ini. Sepulang dari taman ini anda bisa mendapatkan bibit anggrek secara gratis, sehingga anda bisa mencoba mempraktekan ilmu yang sudah anda pelajari di sini.
  • Wisata Museum Negeri Jambi
Jika anda merupakan penggemar sejarah atau budaya, anda wajib datang ke tempat wisata daerah Jambi ini. Museum Negeri Jambi merupakan museum yang memiliki arsitektur seperti Kajang Lako atau rumah adat daerah Jambi, museum ini terletak di Jalan Urip Sumoharjo no 1, Jambi. Terdapat banyak koleksi benda-benda sejarah yang memiliki nilai budaya di museum ini diantaranya adalah peralatan berburu, anyaman khas provinsi Jambi, batik tenun dengan motif khas Jambi, serta binatang yang sudah diawetkan. Tempat wisata daerah Jambi ini hanya buka setiap Senin sampai Kamis pukul 08.00-15.00 dan hari jumat pukul 07.15-11.00 dengan biaya masuk sebesar 3.000 rupiah untuk dewasa dan 1.000 rupiah untuk anak-anak.
  • Wisata Masjid Agung Al Falah
Masjid yang merupakan salah satu tempat wisata daerah Jambi ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang, karena masjid ini memiliki bangunan yang unik karena tidak memiliki pintu dan jendela. Tiang penyangga pada bangunan masjid ini tidak memiliki dinding jadi sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke masjid berjalan dengan baik. Meski disebut dengan masjid seribu tiang, jumlah tiang dari masjid ini tidak berjumlah lengkap 1000 tiang, jumlahnya hanya 256 buah. Tempat wisata daerah Jambi ini dibangun pada tahun 1971 hingga 1980, mampu menampung 10.000 orang jamaah. Masjid Agung Al Falah terletak di Jalan Sultan Thaha Nomor 60, Legok, Kecamatan Telanaipura.
  • Wisata Pasar Keramik Sitimang
Banyak sekali orang yang gemar mengoleksi keramik di rumahnya, jika anda salah satunya anda tidak boleh melewatkan tempat wisata daerah Jambi ini. Pasar Keramik Sitimang merupakan tempat wisata daerah Jambi merupakan surge bagi anda yang gemar mengoleksi keramik, karena di pasar ini anda dapat menemukan berbagai jenis keramik yang berbeda-beda. Pasar Keramik Sitimang sudah beroperasi cukup lama, yaitu sekitar tahun 1980an. Pasar yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja ini meneydiakan berbagai jenis keramik diantaranya toples, guci, peralatan makan hingga aksesoris sebagai hiasan rumah anda. Keramik-keramik yang berada di pasar ini biasanya di kirim langsung dari Cina, sehingga motfinya mungkin akan susah anda temukan di tempat lain.
  • Wisata Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy
Ada dua objek di lokasi ini yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, tetapi orang-orang banyak menyebutnya Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini adalah salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Jambi. Jembatan Pedestrian adalah Jembatan untuk pejalan kaki dengan bentuk berkelok-kelok dan terbentang diatas sungai batanghari disini Anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan. Diujung jembatan terdapat Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi. Selain museum, disini juga menjadi pusat kuliner dan nongkrong pada sore dan malam hari. Disini juga banyak disediakan perahu jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri sungai Batanghari.
  • Wisata Air Terjun Tegan Kiri
Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri dengan ketinggian 10 meter. Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter. Untuk menuju ke lokasi kita harus menempuh jarak kurang lebih 30 km dari Ibukota Kabupaten Bungo dengan perjalanan darat.
  • Wisata Geopark Merangin
Bagi Anda yang memiliki kegemaran arum jeram jangan lewatkan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin ini. Geopark merangin tidak hanya menawarkan arum jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia hampir 350 tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.
  • Wisata Danau Gunung Tujuh
Kondisi alam sekitar Danau Gunung Tujuh sangat begitu indah dan alami serta memiliki air yang begitu jernih. Keindahan Danau dilengkapi oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Pada beberapa titik di pinggir danau terbentang pasir yang menyerupai pantai. Danau Gunung tujuh ini terdapat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.
  • Wisata Danau Kaco
Satu lagi tempat wisata di Kerinci yang tidak kalah menarik adalah Danau Kaco. Danau ini memiliki luas sekitar 30 x 30 meter. Jernihnya air di Danau ini membuat dasarnya terlihat secara jelas, walaupun memiliki kedalaman air yang tidak terukur. Selain itu. Pada saat malam Danau Kaco mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada waktu bulan purnama. Ketujuh tempat wisata diatas hanya beberapa objek yang coba kami rekomendasikan kepada Anda. Masih banyak lagi objek-objek wisata di Provinsi Jambi yang tentunya juga sayang jika Anda lewatkan.
  • Wisata Museum Perjuangan Rakyat Jambi
Indonesia merupakan Negera yang sangat kental dengan perjuangan rakyatnya dan kemerdekaan ini direbut karena jerih payah perjuangan para rakyatnya dan diberbagai pelosok negeri ini semua terlibat didalamnya dimana mereka saling bahu membahu untuk mencapai kemerdekaan indonesia yang kita rasakan saat ini. Seperti layaknya di daerah Jambi yang tentunya juga merupakan daerah perjuangan dan itu terlihat dari berbagai peninggalan para perjaungan rakyat jambi untuk berjuangan melawan penjahah pada zaman itu. Dalam Museum ini terdapat berbagai kisah dan peralatan yang digunakan dalam peperangan rakyat Jambi Melawan para penjajah.

Wisata Kampung Raja
Wisata Masjid Agung Al-Falah
Wisata Danau Teluk
Wisata Hutan Kota Mayang Mangurai
Wisata Taman Anggrek Sri Soedewi
Wisata Makam Orang Kayo Hitam dan Orang Kayo Pingai
Wisata Taman Nasional Berbak (TNB)
Wisata Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur
Wisata Pantai Pasir Putih dan Hutan Mangrove
Wisata Pusat Pelatihan Gajah Sumatera
Wisata Dermaga dan Pasar Kuala Tungkal
Wisata Taman Nasional Bukit 30 (TNBT)
Wisata Taman Hutan Raya Senami
Wisata Pusat Kerajinan Ukiran Kayu Desa Pulau Betung
Wisata Taman Rekreasi Rengas Condong
Wisata Taman ACI
Wisata Makam Puteri Selaras Pinang Masak
Wisata Air Terjun Ranah Sungai Ipuh
Wisata Batu Tapak Sembilan dan Gua Batu Muah Muaro
Wisata Makam Pakubuwono III
Wisata Dam Semagi dan Dam Batang Uleh
Wisata Masjid Tuo Empelu Al-Falah
Wisata Taman Bunga Bangkai
Wisata Taman Hutan Raya Bukit Sari
Wisata Danau Sigombak
Wisata Makam Sultan Thaha Syaifuddin dan Istana Sultan Thaha Syaifuddin
Wisata Batu Menangis dan Air Terjun Bulian Berdarah
Wisata Gua Ulu Tiangko
Wisata Gunung Masurai
Wisata Gunung Sumbing
Wisata Perumahan Kuno Rantau Panjang
Wisata Grao Solar, Grao Nguak & Grao Kunyit
Wisata Air Terjun Sigerincing
Wisata Danau Pauh
Wisata Danau Depati Empat
Wisata Air Terjun Sungai Piul
Wisata Gading Bertuah
Wisata Jam Gento
Wisata Panorama Alam Bukit Rayo dan Bukit Paradun Sulah
Wisata Batu Bersurat Prasati Karang Berahi
Wisata Air Terjun Simpang Narso dan Air Terjun Seluro
Wisata Sungai Batang Asai
Wisata Danau Biaro
Wisata Taman Nasional Bukit 12 (TNBD)
Wisata Air Terjun Telun Berasap
Wisata Air Panas Semurup
Wisata Goa Kasah
Wisata Rawa Ladeh Panjang
Wisata Batu Bergambar & Batu Patah
Wisata Batu Meriam
Wisata Benteng Depati Parbo
Wisata Grao Rasau
Wisata Religi Masjid Agung Pondok Tinggi
Wisata Religi Mesjid Keramat

Masih banyak wisata yang ada di kota Jambi ini dan pada kesempatan lain akan saya tulis mengenai wisata lain yang ada di kota Jambi ini, semoga bermanfaat untuk anda semunya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment