Kiat Menjaga Semangat Menulis Untuk Blogger Pemula

Untuk menjadi seorang penulis terkenal dan Hebat sudah pasti membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan dan bukan saja dalam hal menulis, apapun yang kau ingin kejar dan ingin kau raih sudah pasti membutuhkan perjuangan dalam tahap demi tahap harus kau lalui hingga menemukan sebuah tujuan dan cita-citamu itu. Tahap demi tahap, fase demi fase itulah yang dinamakan proses dan dialamnya prose situ tak jarang orang kehilangan kendali hingga mereka lelah dan beranjak untuk menyerah saja.
Jika hal itu sudah terjadi ddalam diri dan hati mereka, maka kemungkinan kata sulit untuk mengejar cita-citamu memang akan menjadi nyata dalam hidupmu dan kau tak akan pernah mendapatkan apa-apa dalam hidupmu. Lalu bagaimana caranya agar sebuah misi yang kita jalani menuju kesana tak tergores oleh waktu dan cobaan, Salah satu kiat terbaik adalah menjaga semangat dari semula dan kontesten dengan apa niat kita sejak awal.

Begitu juga dengan hal menulis tak selamanya menulis itu enak dan terasa menyenangkan, ada kala malasa bercampur aduk dengan target yang tak kunjung datang sehingga kehillangan motivasi untuk kembali menulis lagi. Keadaan tersebut tidak hanya menghinggapi penulis pemula sepertiku saja, tapi juga para professional mungkin. Lalu bagaimana caranya mengatasi dan melewatinya masa-masa tersebut agar lebih dekat pada kesuksesan menjadi seorang penulis yang hebat?. Berikut beberapa kiat-kiat dalam menjaga semangat menulismu :
  • Tulislah Hal Yang Kamu Sukai Dan Ikuti Kehendak Hati
Tak perlu memaksa diri dalam menulis, apalagi keadaan diri dan hati sedang galau dan lelah karena sesuatu terjadi dalam hidupmu. Bawa dirimu dalam sebuah kata-kata yang dapat kau tuliskan kedalam sebuah notebook dan apapun itu yang kau rasa dan apa yang terlintas dalam pikiranmu, tulislah karena hal itu dapat memberikanmu sebuah semangat agar menulismu selalu terjaga.
  • Menulislah Sesuai Dengan Seleramu
Keadaan ini kadang membuat seseorang jadi habis bahan untuk menulis apa hari ini. Hal ini terjadi karena mereka tidak mampu membuka pikiran jika disekeliling mereka banyak hal yang dapat menjadi sebuah tulisan. Misalkan saja mengenai tumbuhan, Hewan peliharaan, peristiwa dan masih banyak hal lain yang dapat dibahas. Jangan mengikuti penulis yang sudah hebat karena nanti kita akan pusing, ikuti selramu dalam menulis dan itu akan menjagamu dalam menulis dan menulis lagi tanpa bosan.
  • Jangan Ikut Lomba Dulu Jika Masih Pemula
Asah dulu kemampuanmu menulis, pelajari dahulu bagaimana mereka melakukanya dan meraih sebuah kemangan lomba dalam menulis. Kenapa tidak boleh ikut lomba menulis dahulu sebelum anda mempelajarinya karena hal ini sering terjadi pada penulis pemula dengan melihat hadiah yang wah, maka mereka mengikuti lomba menulis padahal mereka belum mengerti bagaimana cara agar mereka menang dan ketika mereka mengikuti berkali-kali dan tidak meraih apa-apa maka mereka akan berhenti menulis untuk selamanya bahkan membenci untuk menulis lagi padahal dalam dirinya sudah ada potensi hebat untuk menjadi seorang penulis hebat karena hanya tak sabar maka bakat itu tak bisa berkembang dengan dan menjadi hal yang dapat membuat dia sukses didunia tulisan.
  • Tulislah Dengan Bahasa Sederhana Saja
Terinpirasi dengan penulis pujaan, banyak dari mereka gaya bahasanya sang penulis pujaan tersebut. Jika dibandingkan dengan mereka yang telah hebat dan memakai bahasa tinggi itu wajar karena mereka telah berpengalaman dalam meracik kata-kata, namun bagaimana dengan kita yang baru semuru jagung dapat menyaingi mereka dengan mengikuti mereka jelas akan terlihat tidak nyambung kata-kata yang kita tulis nantinya. Menulislah dengan sederahan dahulu dan tahap demi tahap dapat belajar tulisan mereka bagaimana cara mereka meracik ata-kata menjadi sebuah keindahan kalimat dan jangan memaksa diri dalam menulis.
  • Cari Tempat Yang sesuai Dengan Karakter Menulismu
Setiap orang memiliki cara berbeda dalam mereka menuangkan pikiran mereka dalam sebuah tulisan. Ada yang mencari tempat yang sunyi dan tidak berisik, Ada yang bisa menulis walaupun ramai dan ada pula yang bisa menulis ditempat keduanya. Kenali dirimu dan pastikan anda melakukanya sesuai dengan karakter menulismu.
  • Tulis Saja Dulu Baru Tentukan Judulnya
Seperti layaknya aku, Kadang sesuatu yang ingin aku tulis mengalir begitu saja tanpa ada judul aku tuliskan dahulu,namun setelah tulisan itu selesai baca kembali barulah bisa menentukan judulnya. Hal ini aku lakukan agar tidak menjadi beban dalam menulis dan semangat tak menghilang dalam menulis karena terlepas tanpa harus berlama-lama untuk menulis dengan judul apa dan bagaimana.
  • Cari Teman atau pacar yang Suka menulis Juga
Agar semangat menulismu terjaga juga, memiliki teman hingga pacar yang suka nulis juga itu hal yang dapat menjaga semangat menulis karena ketika bosan dirumah untuk menulis, kita bisa ajak teman ngumpul lalu ngumpul lalu menulis bareng mengenai sebuah masalah ataupun bisa dengan mengadakan lomba dan kuis kecil-kecilan. Begitu juga dengan pacar, Jika anda penulis dan memiliki pacar yang suka menulis juga maka itu hal indah pastinya karena sama hoby dan anda tidak akan kesulitan untuk menulis apa hari ini karena melihat dia saja hari ini beribu kata sudah dapat aku tuliskan dalam sebuah notebookmu.

Mungkin itu saja yang dapat aku tuliskan mengenai menjaga semangat agar tetatp menulis setiap hari, setiap minggu asalkan jangan tiap tahun kelamaan dan impian menulis anda akan sulit anda wujudkan nantinya. Sukses untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment