Kesalahan Orang Tua Dalam Mengasuh Anak

Memilki orang tua yang baik, penuh kasih sayang, perhatian kaya lagi tentunya dombaan setiap anak diseluruh dunia ini. Dengan memiliki orang tua seperti maka si anak akan sangat betah dan bisa menjadi sukse di masa depanya karena orang tua tempat dimana mereka memulai sesuatu dalam hidupnya, mulai dari belajar hal baru dan menjadi diri yang kuat dan juga berprilaku baik, mulia dan tidak pernah mengeluh dalam hidupnya.
Namun ternyata hal itu bukanlah hal yang mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang tua karena berbagai factor membuat mereka tak bisa seperti itu dan salah satunya adalah tekanan ekonomi yang membuat mereka kadang tak selalu ada untuk anak-anaknya yang selalu merindukan kehadiran orang tuanya dirumah. Namun ada pula yang memang sangat tidak mengerti apa fungsi dari orang tua dan yang harus dilakukan sebaga orang tua untuk anak-anaknya. Berikut beberapa hal yang kadang salah kaprah sebagai orang tua melakukannya ke anak-anak mereka :
  • Masa Bodoh Apa Yang Dilakukan Oleh Anak
Sebagai orang tua tidak baik melakukan hal ini kepada anak-anaknya karena pengaruhnya akan sangat besar terhadap perkebangan karakter pertumbuhanya. Jika orang tua acuh tak acuh terhadapnya alias masa bodoh akan apa yang terjadi dengan anaknya, maka si anak akan merasa jika orang tuanya tidak peduli dengan mereka dan mereka akan beralih ke tempat palmpiasan yang lain. Namanya juga ana-anak semua harus orang tua kasih tau dan ajarkan dan itulah fungsi dari orang tua. Bandel sudah pasti namun disetiap bandelnya mereka sudah pasti kita tidka ingin mereka hancur di masa depan merek nanti.

Beri mereka waktu untuk memberi anda sebuah bukti jika mereka akan lebih baik jika anda berprean dalam pertumbuhan mereka hingga mereka sukses nanti. Orang tua kunci dimana anak itu berkembang dengan baik atau tidak. Jika orang tuanya baik dalam membarikan hal yang mereka butuhkan pada saat mereka tumbuh, maka suatu mereka akan tumbuh dengan diri yang baik dan sukses masa depanya.
  • Lupa Waktu Bersama Anak
Mencari nafkahs etiap hari memang sudah tugas anda sebagai orang tua, namun dalam anda mencari nafkah sudah pasti ada waktu luang seperti pulang kerja dan hari libur. Jika pada masa senggang itu, biasakan untuk bersama dengan anak-anak anda karena mereka sangat membutuhkan hal itu. Jika anda pulang kerja, tanyakan satu hal kepada mereka seperti sudah makan belum nak, sudah belajar belum nak, sudah sholat belum nak agar mereka merasa di perhatikan oelh anda sebagai orang tuanya.
  • Suka Marahin Anak Tanpa Batas
Capek, Lelah tentunya akan anda rasakan ketika seharian mencari nafkah lalupulang kerja si anak lari kesana lari kesini buat kepada anda pusing dan meras terganggu pastinya. Belum lagi suara berisik si anak yang membuat anda kadang ringan tangan dan ringan mulut untuk berbicara kasar kepada si anak agar tidak berbuat demikian. Marah si boleh namun ada ketentuan sebagai orang tua dalam memerahi anaknya. Marahin anak harus ada kata larangan atau pelajaran didalamnya jangan asal marah saja dengan wajah yang menakutkan si anak yang membuat mereka sangat takut kepada anda dan ketika mereka sudah merasa seperti itu maka anda akan jauh dari anak anda karena mereka sangat takut kepada anda.
  • Jangan Memaksa Keinginan kepada Si anak
Semua orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang baik, berprestasi, sukses, dan menjadi orang yang namanya terkemuka. Maka dari itu, orang tua berusaha mewujudkan cita-cita dan harapannya kepada anaknya dengan memastikan masa depan anaknya cerah. Tapi yang terjadi adalah anak merasakan beban yang sangat berat. Tuntutan demi tuntutan yang berbuah stres, depresi, dan dalam emosi yang tidak stabil. Orang tua boleh berharap namun alangkah baiknya selaras dengan minat dan bakat yang anak miliki dan jangan pernah memaksakan kehendak diri pada si anak. Dengan begitu anak anda akan lebih mudah untuk sukses dimasa depannya.
  • Berbohong Dan Tidak Mengabaikan Janji
Hal ini sangat sering dilakukan oleh orang tua kebanyakan, mereka seakan melakukan hal itu baik bagi si anak dengan berkata beda dengan apa yang seharusnya mereka tahu dalam arti jika bohong itu baik. Namun dari sei pengetahuan anak anda telah menjadi orang tua yang salah kenapa harus mengajarkan anak untuk berbohong padahal anda tahu itu perbuat yang buru. Belum lagi masalah janji itu dan janji ini seperti halnya ketika mereka sekolah, Anda berkata jika si anak rangking satu maka akan dibelikan itu dan ini dan setelah itu mereka raihkadang tak seperti apa yang mereka harapkan.

Hal ini tentunya sangat tidak baikbagi pertumbuhanan anak anda karena memberi pelajaran yang buruk. Jika mereka selalu diperlakukan seperti ini terus maka dia masa depan mereka akan selalu tertanam dalam diri mereka jika perbuat ini tidak akan masalah kelak hari mereka lakukan lagi kepada orang lain dan apalagi nanti mereka menjadi pejabat maka janji dan jani itu sudah menjadi makanan setiap hari tanpa ada bukti yang nyata dan termasuk itu berbohong seperti air yang mengalir tanpa ada batasnya.
  • Jadilah Si Anak Sahabat, Tempat Mereka berbagi dan Bercerita
Sahabat tentunya sangat nyaman untuk dibicarakan karena seorang sahabat merupaka orang kedua setelah orang tua kita, dimana tempat kita berbagi, berkeluh kesah dan bercerita tentang hal apa yang sedang terjadi. Nah, anda seabgai orang tua jadikan hal ini sebagai hal yang baik bagi anda untuk bisa menjadikan anak-anak sebagai sahabat untuk melepas lelah ketika anda lelah, tempat anda bergurau ketika resah hati menyelimuti diri dan tempat anda berbagi dan bercerita dengan mereka tentang apa yan ingin mereka bicarakan dan apa yang ingin mereka raih.

Salin terbuka dan saling mengetahui maka si anak akan sangat betah dengan diri anda dan dia akan sangat mudah untuk mengikuti hal baik dari apa yang anda bicarakan dan itu tentunya akan terkesan jika si anak dapat menjadi orang yang sukses nanti ketika semua yang anda harapkan dia jalankan tanpa da kata paksa dan tanpa ada terserah. Semoga bermangaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment