Jejak Perjuangan R.A Kartini Untuk Perempuan Indonesia Dalam Film Surat Cinta Untuk Kartini 2016

Bertepatan dengan hari lahirnya Pahlawan Wanita Indonesia pada 21 April 2016 yang mengangkat martabat dan harkat kaum wanita yaitu R.A Kartini, Film Indonesia untuk mempertajam akan jasa beliau untuk perempuan indonesia indonesia ini, maka film ini hadir untuk mengisi kerinduan akan keberadaan beloau dalam berjuang untuk perempuan indonesia pastinya. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramatyo ini akan mengangkat jejak Raden Ajeng R.A Kartini dari masa kecil hingga perjuangannya untuk bangsa indonesia ini.
Cerita yang akan tersaji dalam film ini akan dimulai dari R.A Kartini masa ana-anak yaitu ketika beliau masih berumuran 10 tahun. Masih berumuran 10 tahun namun keinginanya telah tertanam dalam dirinya untuk sekolah di negeri belanda demi cita-citanya untuk bangsa ini. Namun hal itu sulit untuk diwujudkan karena ada masa itu dia telah menjadi pingitan alias sudah disetiap untuk menjadi raden ajeng yaitu menjadi menjadi istri seorang bupati agar dapat mewarisi keturunan ningrat karena kartini merupakan anak dari keturunan oran berada dan terpandang kala itu.

Walaupun berbagai usaha dia lakukan untuk menghindari hal itu namun hal itu sangatlah sulit untuk dia lewati walaupun pada kala itu sang Ayha sangat mendukungnya untuk keluar dari keadaan itu. Dengan keadaan itu dia mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari keluarganya alias dikucilkan ataudibenci oleh keluarganya sendiri. Salah satu ucapanya yang selalu terkenang hingga saat inilah sebagai pemberontakan terhadap keluarganya adalah perkataan ”Panggil Aku Kartini saja”.

Karena niat yang tulus dan hati yang bersih, maka selalu ada jalanuntuk beliau agar dapat mengejarkan cita-cita menjadi bagian dari perjuangan para pahlawan indonesia ini untuk bangsanya dan pintu itu terbuka ketika seorang pejabat pendidikan dan kebudayaan belanda kala itu yaitu tuan Ovink-Soer meminta agar RM Sosroningrat (Ayahanda Kartini) untuk melonggarkan pingitanya. Dengan keadaan itu maka kartini diajak untuk melewati daerah-daerah ditanah air ini dan bertemu secara langsung rakyat indonesia pada kala itu.

Dengan keadaan seperti itu, Beliau sangat menikmati dan bahagia bisa melakukan hal yang merupaakns ebauh misi dia untuk menjadi bagian dalam perjuangan indonesia. Seiring perjalananya kebebasanya maka dia bertemu dengan Abendanon yang merupakan petinggi Batavia kala itu dan Kartini jatuh hati kepadanya. Pada saat mereka menjalin satu ikatan maka dia memberikan Kartini bewasiswan untuk sekolah di negeri belanda namun Ayahnya menantang akan hal itu.

Walaupun sanga Ayah sangat menginginkan Kartini menjadi orang yang berpendidikan tinggi namun karena keluarganya ayahnya tak berdaya membelanya. Namun dengan kondisi dan situasi seperti itu tak membuatnya menyerah dan mengalah dan pada waktu yang bersamaan dia meminta inzin kepada ayahnya untuk mendirikan sebuah sekolah untuk kamu perempuan pada masa itu dan ayahnya memberikan izin dan dia sangat bahagia dengan menjalani pendidikan tersebut bersama kedua adiknya yaitu Roekmini dan kardinah.

Dalam menjalani sekolah yang dijalani tersebut, tawaran kembali datang dari Batavia yaitu mengenai beasiswa yang pernah didapatkan dari petinggi Batavia kala itu. Seirin itu pula tekanan dari pihak keluarga mengenai pernikahanya dengan bupati semakin dekat dan karena tak kuat menahan berbagai isu dan tekanan akan hal itu membuat ayahnya jatuh sakit. Lalu bagaimana dengan nasib kartini dalam berjuang untuk kemerdekaan kaum wanita indonesia sedangkan dia harus memilih untuk pinangan minikah dan sudah pasti sekolah yang dia dirikan akan menghilang dan jika dia mengambil beasiswan tersebut maka diaakan meninggalkan ayahandanya yang sedang sakit keras dan berbagai gejolak lainya yang turut ambil dalam perjalannya itu menuju dia menjadi pahlawan untuk perempuan indonesia. Penasaran akan kelanjutan kisah perjalanan Raden Ajeng R.A Kartini, Silakan dapat sejarah penting bangsa ini dalam sebuah film  Surat Cinta Untuk Kartini yang telah rilis pada 21 April 2016 dan dapatkan CD/DVD-nya aslinya.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment