Cerpen : Jangan Menyerah Karena Kekuranganmu

Kekurangan diri kadang membuat seseorang harus lari dari keramaian dan memilih bersembunyi lalu berdiam diri hingga menghilang tak kembali lagi untuk bisa percaya diri lagi akan hidup yang telah dikaruniakan tuhan untuknya. Berbagai penyebab dan kendala itulah yang membuat mereka pergi dan tak menampakan walaupun mereka telah mencoba untuk mengacuhkan asa itu datang menghampiri hati namun tetap saja seiring waktu berjalan mereka kalah juga dengan hamparan cemohan dan hinaan yang datang silih berganti tak kenal rasa kasihan.
Berdiam diri hingga tak mampu kembali lagi kehidupan nyata membuat mereka sulit mengerti sebatas apa yang mereka sanggup perbuatan dalam kehidupan mereka padahal lebih dari itu mereka lebih berbakat dalam melakukan sesuatu hal dari mereka yang terbilang memiliki segalanya. Minder bukan pilihan yang tepat bagi hidupmu yang menurutku terlalu indah untuk hanya berdiam diri karena keadaan yang tak berpihak kepadamu.

Perlu kau garis bawahi jika banyak dari mereka yang memiliki latar belakang lebih buruk darimu namun mereka tak pernah merasa minder atau menyerah dalam menjalani hidup mereka. Mereka tampil percaya diri hingga mereka menemukan kebahagian yang luar biasa dalam hidup mereka dan melebihi dari mereka yang memilki segalanya. Tak perlu kau bersedih disaat kau merasa dirimu dikucilkan dari kehidupan mereka, tak perlu marah ketika mereka membicarakan dirimu kekurangan itu dan kekurangan ini karena perlu kau tanamkan dalam diri anda adalah jika dirimu sanggup hidup lebih baik dari mereka dengan keterbatasan dirimu itu.

Banyak mereka yang sukses dengan keterbatasan itu dan anda yang lebih sempurna seharusnya tak berpikiran pendek dari itu hanya karena kau gagal dan kau membenci hidupmu dan mereka yang menjatuhkan dirimu. Lihat dunia dan tatap dunia dan masih banyak tempat didunia ini yang akan menerimamu dan masih banyak dari mereka yang masih tersenyum melihatmu bangga akan keadaan dirimu dan mereka selalu rindu akan kehadiranmu ditengah-tengah mereka.

Hidup tak perlu kau sesali dengan keadaan dan masa yang sulit, langkahkan kakimu dan telusuri waktumu dengan semangat dan penuh keyakinan jika dirimu juga mampu bahagia seperti mereka. Tak perlu berlarut dalam ketidakmampuanmu karena hanya kau tak memiliki apa-apa dan siapa-siapa dalam hidupmu. Jangan larut dalam rasa bersalah dan menyalahkan mereka dalam hidupmu dan jangan pernah kau membenci mereka yang tak menginginkan hadirmu ditengah mereka. Kau cukup bergerak dengan percaya diri yang penuh disetiap langkah yang kau jalani. Biarkan waktu yang dapat membuktikan kepada mereka jika dirimu memang pantas bahagia dan mereka akan selalu berharap jika dirimu sangat pantas berada ditengah mereka.

Hidup bukan untuk pasrah, hidup bukan untuk bersedih, hidup bukan untuk kecewa dan hidup bukan hanya berdiam diri dan hidup bukan untuk kau habiskan dengan rasa penyesalan saja karena hidup itu indah jika kau menjalaninya dengan indah dan berpikiran baik disetiap kejadian datang menghampirimu. Hidupmu akan lebih bermakna dengan selalu menerima dengan senang hati lalu belajar dari kesalahan untuk dapat diterapkan dalam keseharian apa yang seharusnya dilakukan untuk hidupmu.

Mereka yang meninggalkanmu hari ini, mereka yang membuatmu terluka hari ini dan mereka yang telah mengabaikan niat baikmu, tak perlu kau tanam dalam hati sebagai dendam yang tak berkeseduhan. Memaafkan itu semua salah satu kunci sukses dalam kau menjalani hidupmu, tak perlu kau berdoa agar tuhan membalas perbuatan mereka terhadapmu karena tuhanmu lebih mengerti dan lebih paham akan hal itu mana yang baik dan mana yang buruk dan itu akan berlaku dan datang kepada mereka yang memang sudah sepantasnya mereka dapatkan dari tuhan mereka.

Tak perlu kau berbicara sana sini mengumbar kejelekan mereka karena telah menjatuhkanmu, tak perlu kau salah menyalahkan mereka karena telah bersikap tidak baik terhadapmu kedunia luar. Cukup kau telaah dan cukup kau simpan saja dalam diri sebagai pembelajaran diri agar diri tidak melakukan perbuatan seperti itu dank au akan menjadi diri yang lebih baik dengan tidak membicarakan aib orang lain kedunia luar sana.

Dirimu baik, maka kau akan mendapatkan yang baik pula, bukan saja jalan hidupmu yang baik namun kau akan mendapatkan yang baik dari yang terbaik dari tuhanmu kelak dan itu pasti karena tuhan tak akan pernah bohong dengan apa yang telah tertera dalam kitab sucinya Al-quran. Menjalani hidup dengan berpacu didengan kebaikan maka hidupmu akan nyaman dan tenang walaupun badai kehidupan mengoncang gelisah hatimu, kau akan tetap berdiri dengan kokoh walaupun air mata bercucuran, walaupun kesedihan dankekecewaan datang silih berganti namun dirimu akan selalu setia akan ucapan tuhanmu jika suatu hari kelak kau akan mendapatkan sebuah keindahan yang tak pernah mampu kau tebak keindahan melebihi apa yang pernah kau saksikan dalam dunia ini.

Jika sebuah perjalan hidup akan selalu dinaungi dengan rasa bersyukur dan selalu berusaha tanpa kenal putus asa dengan tujuan yang baik maka kau akan temukan sebuah kebahagian suatu hari kelak. Jadi, jangan pernah kau layu hanya karena kau tak punya, jangan pernah kau menghilang hanya karena kau kurang tampan, kurang cantik atau kurang lain sebagainya. Tetap saja kau beridir dalam usaha dan doa dengan sungguh-sungguh maka suatu hari kelak kau akan dianugerahkan sesuatu yang akan mengantarkanmu dalam sebuah kebahagian abadi dunia dan akhirat.

Hidup itu pilihan namun jangan memilih hidup yang salah karena hidup hanya sebatas ladang pengumpulan dana untuk kita bisa bahagia disana kelak. Terpana dan terpukau akan keindahan dunia akan melibatkan dirimu cinta akan dunia dan meninggalkan kehidupanmu disana yang kita tahu akan abadi selamanya. Tak ada yang salah mencintai dunia dengan seisinya yang mampu kau miliki namun jangan pernah kau mengabaikan apa yang akan menjadi modalmu disana kelak.

Hidup itu indah jika berpikir indah akan hidupmu, hidupmu gampang jika dirimu tak berpikiran sempit dan hidupmu akan bahagia jika kau selalu bahagia dengan dirimu sendiri karena kebahagian datang dari diri dank au harus menciptakanya sendiri dengan hal yang baik pastinya. Semoga saja dapat memberimu sebuah masukan agar kau tak perlu minder dalam hidup ini dan tetap melangkah dengan apa yang dapat kau lakukan. Singkirkan asa, singkirkan rasa gundah dan tatap masa depan duniamu dan akhiratmu dengan perbuatan baik dank au akan mendapatkan kebahagian abadi pastinya. Terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment