Cara Presentasi Proposal Skripsi

Bagi mereka yang sudah bekerja disebuah perusahaan tentunya pernah melakukan hal ini, apalagi anda sudah memasuki tahap pada level atasan tentunya tidak asing lagi dengan hal ini yaitu presentasi. Apa sich itu presentasi, presentasi biasanya hal yang dilakukan oleh seseorang untuk menguraikan sebuah karya, pekerjaan termasuk itu skripsi yang dilakukan didepan penelaah, rekan kerja atau lain sebagainya. Presentasi biasanya mengupas suatu masalah menjadi lebih terbuka untuk orang lain karena didalam persentasi terjadi saling Tanya jawab didalamnya jadi semua yang hadir akan lebih mudah mengerti apa yang sedang di presentasikan oleh narasumber.
Begitu juga dengan Skripsi, skripsi kerap dinamakan siding skripsi yang didalamnya terkandung presentasi untuk menyampaikan apa yang dia tulis dalam tugas akhir yang dinamakan skripsi tersebut ke hadapan tim penguji atau penelaah dan biasanya terkandung kebijakan kampus, kadang hanya menampilkan tim pembimbing, penguji saja namun ada pula yang menampilkan adik-adik elas juga agar lebih fokus dan serius.

Didalam siding skripsi ini, tentunya keakurat skripsi dan kelancaran bicara menjadi hal yang penting dalam menjalankanya karena jika kita gugup atau blank dalam menjalankanya maka sudah pasti anda tidak lulus dan harus mengulanginya lagi. Jika hal itu terjadi tentunya anda akan habis waktu dan capek pastinya karena menyusun skripsi sangatlah melelahkan, apalagi rasa malas sudah memnghampiri diri maka sudah pasti skripsi anda akan terbengkalai sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.

Nah, agar anda aman dan nyaman dalam menjalani siding skripsi nanti, maka berikut cara sederhana yang dapat saya berikan untuk anda seperti apa yang pernah saya lakukan :

Mulailah dengan kepercayaan diri yang penuh, jangan takut, grogi dan rileks serileks mungkin agar diri anda fokus dan pikiran anda tidak balnk-blank banget. Masuk ke ruangan dengan badan tegap lalu bukan notebook jika diharuskan seperti itu, dan biasanya kampus sudah menyediakan  jadi anda tidak perlu repot lagi harus buka notebook untuk memulai ppresentasi.
  • Memulai Presentasi Skripsi
Setelah anda masuk ke ruangan presentasi dan berdiri dihadapan tim penguji anda, maka ucapkan : “Assalamu’alaikum, selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua”.

Lalu selanjutnya ucapkan perkataan seperti ini : “Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dewan penguji (sebutkan nama masing-masing dan gelar) yang telah mempersilahkan saya untuk mempresentasikan skripsi yang berjudul (Sebutkan judul skripsi anda)“.

Setelah Anda membuka dengan kalimat seperti di atas, Anda bisa melajutkannya dengan menjelaskan poin-poin yang akan dibahas atau bisa juga menyampaikan isi presentasi skripsi Anda seperti sebuah narasi tanpa Anda plot dalam poin-poin. Seperti contoh berikut ini :

“Ada tiga hal yang akan saya sampaikan dalam presentasi ini. Pertama, tentang alasan pemilihan judul yang mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kedua, tentang motode penelitian yang mencakup jenis penelitian, subjek penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Ketiga tentang hasil penelitian yang akan memaparkan hasil temuan selama melakukan penelitian”
  • Menjelaskan Isi Kandungan Skripsi
Masuklah pada tahap kedua presentasi Skripsi. Dalam tahap ini Anda harus mampu menjelaskan isi presentasi skripsi Anda dengan terstruktur dan jelas. Jika Anda mengawali presentasi dengan menjelaskan poin-poin yang akan dibahas maka dalam pembahasan jangan sampai Anda melewatkan apapun yang sudah Anda mulai sebelumnya. Namun jika Anda membuka presentasi skripsi dengan sebuah narasi, maka pembahasan Anda harus terstruktur dengan baik. Supaya dewan penguji atau audiens yang mendengarkan Anda memahami bagian-bagian dari apa yang Anda sampaikan dengan baik.

Gunakanlah bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Anda harus ingat presentasi skripsi itu bersifat formal, jadi penggunaan bahasa yang baik akan memberikan kesan yang baik untuk penampilan Anda. Satu lagi jangan lupa gunakan bahasa tubuh Anda dengan baik untuk memperkuat setiap gagasan yang Anda tampilkan.
  • Menutup Presentasi Skripsi
Dalam presentasi sidang skripsi ada dua cara penutupan presentasi yang baik. Pertama menyimpulkan isi dari presentasi yang biasanya juga kesimpulan dari isi skripsi. Kedua, menyampaikan rekomendasi. Rekomendasi ini Anda sampaikan kepada pihak-pihak terkait yang akan menggunakan hasil penelitian Anda atau yang akan meneruskan penelitian Anda di masa mendatang.
  • Sesi Tanya Jawab Skripsi
Berhasil atau tidaknya Anda memberikan jawaban dengan tepat sangat dipengaruhi oleh kemampuan Anda mendengarkan. Maka yang harus Anda lakukan adalah menjadi pendengar yang baik dengan mendengarkan secara aktif. Caranya pusatkan perhatian Anda, tunjukkan antusiasme Anda dan berikan umpan balik jikalau ada pertanyaan yang kurang Anda pahami saat sesi tanya jawab berlangsung.

Sebelum Anda menjawab, ambilah jeda beberapa detik untuk memikirkan cara terbaik dalam menjawab pertanyaan. Hal ini memberikan lebih banyak kesempatan kepada Anda untuk menyiapkan jawaban yang bagus. Para dosen penguji pun akan memaklumi dan menerima jeda sebentar tersebut sebelum Anda memberikan jawaban ataupun tanggapan.

Setelah Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan dosen penguji, segera jawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Berikan jawaban ringkas jika waktunya terbatas, perluas jawaban Anda jika waktunya cukup longgar. Jika pertanyaan terkait dengan hasil atau proses penelitian Anda maka jawablah apa adanya seperti apa yang Anda lakukan saat melakukan penelitian.

Namun jika pertanyaannya bersifat teoritis maka berikan jawaban dengan dasar yang kuat, seperti merujuk pendapat para ahli, hasil survei dan lain-lain. Dan satu lagi hindari jawaban dengan menggunakan kata “mungkin”. Karena kata mungkin menunjukkan ketidakyakinan dan bahkan bisa menimbulkan interpretasi baru yang bisa menyebabkan pembahasan akan meluas. Ini malah akan menyulitkan Anda. Jadi berpikirlah dengan cermat, pikirkan jawaban ataupun tanggapan terbaik Anda dengan jelas dan meyakinkan.

Setelah sesi tanya jawab selesai, berarti selesai sudah keseluruhan presentasi skripsi Anda. Namun sebelum Anda mengakhirinya, sampaikan terima kasih atas saran, masukan dan kritik yang diberikan dewan penguji. Katakan Anda akan segera melakukan perbaikan jika ada yang yang perlu diperbaiki. Setelah itu hampiri dewan penguji Anda, jabatlah tangan mereka dengan tersenyum apapun hasil dari sidang skripsi Anda.

Nah, itulah cara presentasi sidang skripsi. Intinya lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, tampilkan presentasi skripsi Anda dengan baik, terstruktur dan meyakinkan, serta berikan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan. Lakukan semua itu dengan baik, maka kesuksesan presentasi sidang skripsi akan jadi milik Anda. Semoga Bermanfaat untuk anda semuanya, sukses untuk yang lagi menyusun skripsi dan juga sidangnya nanti dan lulus dengan nilai yang baik, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment