13 Feb 2016

Ketika Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Akan Melintasi 11 Provinsi Di Indonesia 9 Maret 2016

Fenomena  gerhana matahari total (GMT) ‎akan menyapa beberapa Wilayah di Indonesia ini yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Banyak sekali masyarakat yang antusias menunggu kehadiran fenomena ini karena Peristiwa langka ini jarang sekali terjadi.

Fenomena GMT ini merupakan fenomena alam di mana posisi atau kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus yang sama. Efeknya, sebagian permukaan Bumi akan terkena bayangan gelap Bulan.
Peristiwa GMT ini, akan dimulai pada saat Bulan perlahan menutupi piringan Matahari. Semakin lama area piringan Matahari yang ditutupi Bulan semakin besar. Fase total akan terjadi jika seluruh permukaan Matahari tertutupi oleh Bulan.

‎Adapun pada 9 Maret nanti, ada beberapa wilayah di Indonesia yang akan dilintasi GMT. Menurut Andi, diperkirakan gerhana matahari total akan melintasi 11 provinsi di Indonesia. Yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Sementara kota-kota besar yang diperkirakan dilintasi GMT, yakni Muko-Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia