Inovasi Terbaru Sepakbola Liga Eropa Berupa Kartu Hijau Dan Kartu Putih

Inovasi baru mulai dicoba kompetisi kasta kedua Italia, Serie B musim ini. Mereka memperkenalkan aturan kartu hijau di lapangan. Kartu hijau merupakan opsi lain dari kartu kuning dan kartu merah yang selama ini dipakai wasit. Rencananya Serie B akan menggunakan kartu hijau ini pada laga pembuka, 6 September mendatang.
Serie B menyatakan kartu hijau merupakan implementasi dari permintaan UEFA yang ingin agar moral pemain di lapangan ditingkatkan. Sehingga bisa menimbulkan efek baik bagi pesepak bola muda dan liga secara umum di Eropa.Kartu hijau yang diterapkan Serie B Italia ternyata berasal dari ide Presiden UEFA, Michel Platini. Bahkan sebelumnya Platini meluncurkan ide untuk menggunakan kartu putih.

Mulai akhir pekan ini, kasta kedua Liga Italia menerapkan aturan baru di lapangan. Mereka akan memberikan kartu hijau bagi setiap pemain yang dianggap tidak sopan selama pertandingan. Menariknya tidak akan ada implikasi apapun saat pemain menerima kartu hijau. Mereka hanya akan dicatat oleh ofisial pertandingan.

Berbeda dengan kartu hijau, kartu putih lebih punya dampak dalam lapangan. Platini mengusulkan pemain yang mendapat kartu putih wajib keluar dulu selama lima atau 10 menit sebelum kembali lagi ke lapangan. Pemain yang akan mendapat kartu putih adalah pemain yang melakukan diving, mengkritik di lapangan, dan berlaku tidak sopan. Kita harus belajar banyak dari olahraga lain seperti rugbi.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment