Air Hidupmu, Maka Jagalah Ia Sepenuh Hati

Kebaikan AQUA - Mulailah belajar dari keadaan yang terjadi pada saat ini, dimana kekeringan terjadi dimana-mana di pelosok dunia bahkan pada saat ini Negeri kita tercinta sangat kesulitan untuk mendapatkan sumber air untuk bertahan hidup karena musim kemarau yang panjang. Musim kemarau yang melanda negeri kita ini menyebabkan beberapa daerah di Indonesia sangat kesulitan untuk mendapatkan air untuk bertahan hidup. Bukan manusia saja namun mahkluk lain juga bernasib sama tak ada air untuk dapat dikonsumsi lagi.
Kita semua sangat paham betul dan sangat mengerti jika Air Merupakan kebutuhan pokok seluruh mahkluk hidup dimuka bumi ini dengan Tujuan agar bisa bertahan hidup. Kegunaan air sangat fatal pengaruhnya dalam kehidupan ini baik untuk kita sebagai manusia yang tidak bisa lepas yang namanya air dan begitu juga dengan mahkluk lain yang sangat memerlukan sekali yang namanya air ini.

Manusia tidak akan pernah bisa hidup tanpa air, apapun alasannya, air merupakan harta yang sangat berharga dalam hidup ini, sepertilah gambaran bagaimana peran penting air dalam kehidupan dimuka bumi ini. Air bukan sekedar memberikan kehidupan dimuka bumi ini namun air juga memberikan banyak manfaat dalam kehidupan ini dan air merupakan anugerah tuhan yang maha kuasa yang begitu berharga dan tidak mampu kita pungkiri lagi keberadaan ciptaannya ini begitu sangat berguna dalam hidup di muka bumi ini.

Namun kadang nikmat serta anugerah tersebut kadang membuat manusia salah dalam menggunakannya, tak menghiraukan apa yang terjadi jika nikmat dan anugerah tersebut tak terjaga dengan baik dan dan hanya bisa memanfaatkannya saja namun lupa harus bagaimana caranya agar nikmat dan anugerah tersebut akan tetap bertahan dengan baik dan terjaga dengan sempurna tanpa ada ada rasa tak bertanggungjawab dalam menggunakannya.

Manusia seperti di era saat ini yang semakin minim akan kesadaran arti nikmat dan anugerah tuhan ini semakin memperburuk pemberian itu dengan tidak ikut campur dalam mempertahankan dan melestarikan dengan baik, alhasil tuhan yang maha kadang murka akan keberadaan mereka tersebut dengan mendatangkan malapetaka yang maha dahsyat seperti banjir dan kekeringan yang sangat menyiksa manusia itu sendiri.

Akibat dari dua hal diatas tentunya bukan sekedar bencana saja, namun juga akan mengancam kehidupan yang ada dimuka bumi ini. Bayangkan saja jika dimuka bumi ini tak akan pernah ada lagi air maka kehidupanpun akan berakhir pula pastinya. Begitu juga dengan banjir, Jika di muka bumi ini semua permukaan bumi digenangi air, maka bagaimana kita bisa hidup. Begitu berpengaruhnya air dalam kehidupan dimuka bumi ini.

Melihat kondisi tersebut karena hampir seluruh wilayah di Indonesia di landa kekeringan hingga saat ini. Musim kemarau yang melanda semenjak 4 bulan terakhir membuat warga resah. Keresahan itu wajar karena air merupakan sumber kehidupan. Hal itu saya rasakan sendiri ketika kekeringan yang terjadi di warga yang tinggal di kecamatan Air Hitam dalam Kabupaten Sarolangun. Namun bersyukurlah kekeringan tidak berlaku bagi sebuah Sungai Jernih yang merupakan aliran sungai yang mengalir dari hutan perbukitan 12 ini mengalir melintasi desa Jernih yang merupakan ibu desa dari kecamatan Air Hitam. 
Namun paling tidak dari pantauan tersebut terlihat jelas jika Sungai Jernih bermuara ke sungai Air Hitam ini cukup membantu warga di tengah kekeringan air sumur dan tersendat-sendatnya dalam kekotoran aliran sungai-sungai lainnya. Namun sungai Jernih ini belum ada tanda untuk mengering. Kebaradaannya pun yang di tengah pemukiman warga ini membuat sungai ini dapat di manfaatkan untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Disamping itu pula keberadaan sungai yang langsung melintasi jalan raya kecamatan Air Hitam semakin memudahkan desa-desa lain untuk juga ikut memantaatkannya. 

Menurut pengakuan dari warga yang tinggal di hamparan sungai mengatakan bahwa sungai Jernih memang belum pernah mengalami kekeringan sekian kalinya musim kemarau sampai saat ini. Menurut cerita yang berkembang di warga yang secara turun temurun bahwa air Jernih ini bersumber dari air laut yang berulu dari sebuah lubang besar. Dari lubang itulah air yang mengaliri sungai Jernih Namun hal itu masih butuh pembuktian. Tetapi secara kasat mata bahwa air ini memang seperti air laut, bening dan sedikit asin rasanya. 

Sungai Jernih merupakan sungai langka ditengah-tengah banyak pencemaran sungai-sungai yang ada selain masih natural dan bersih serta beningnya belumlah tercemar karena warga setempat selalu menjaga lingkungan dengan baik dan selalu bergotong royong membersihkan apapun disekelilng sungai tersebut agar tidak tercemar kemurnianya sehingga membuat sungai ini sangat di dibanggakan oleh warga setempat dan menjadi sumber kehidupan bagi warha disana akan kegunaannya baik itu untuk manusia, ladang, sawah dan mahkluk lainnya. Untuk itu warga berharap kepada instansi pemerintah yang terkait agar dapat mempelajari dan menindaklanjuti agar sungai ini tetap bermanfaat dan tidak diganggu oleh pihak yang tak bertanggung jawab demi mewariskan untuk anak cucu kita.

Mulailah saat ini kita menjaga sumber air dan selalu melestarikannya dengan baik agar kita bisa hidup didunia ini, pikirkan dengan baik jika saja sehari saja anda tanpa air maka anda sangat sulit untuk menjalani kehidupan ini. Jadi, jaga dan lestarikan sumber air yang ada dan itu bentuk kau peduli dan bersyukur akan nikmat tuhan yang maha esa. 
Bersama AQUA, Wujudkan Kepedulian Akan Air dan Pelestariannya...

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment