Tahukah Anda, Jika Utang Luar Negeri Indonesia Sudah Mencapai 4.200 Triliun

Berdasarkan Analisis Asosiasi Ekonomi dan Politik Indonesia (AEPI) Bapak Dani Setiawan mengatakan berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), Jika utang luar negeri Indonesia hingga saat ini sudah mencapai $.302,292 miliar atau setara dengan Rp. 4,200 triliun.
Utang Luar Negeri Indonesia tersebut didominasi oleh utang swasta yang mencapai 56 persen atau $. 168,740 miliar atau setara dengan Rp.2.344,6 triliun dan disusul oleh utang Pemerintah dan BI sebesar $.133,552 Milliar atau Setara Dengan Rp.1,855,7 triliun.

Jika pemerintah tidak berhati-hati dalam hal ini. Maka ketatnya likuiditas dalam negeri ditambah perkiraan kenaikan suku bunga global bisa-bisa akan mengakibatkan beban utang semakin berat, karena otomatis meningkatkan imbal hasil surat utang yang diterbitkan pemerintah.

Dampak dari hal tersebut adalah utang akan menekan APBN, menguras debisa, serta mengancam rupiah dan ekonomi nasional. Jika pemerintah masih berambisi memacu proyek mega proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt, pengadaan pembelian 30 pesawat jenis Airbus untuk maskapai Garuda Indonesia dan membuat Kereta Cepat atau Trans Jakarta-Bandung, saat ini dengan biaya utang. Seperti yang dikritik Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli baru-baru ini. Kecuali kalau ada kepentingan pribadi atau kelompok yang ingin disukseskan.

Karena menurut mereka proyek tersebut belum bisa memenuhi kepentingan Indonesia Bahkan terkesan ada modus ada udang dibalik batu, apalagi proyek besar ini akan banyak dibiayai oleh utang luar negeri dan hal itu tentunya Sangat disayangkan bila masuk dalam negeri menjadi proyek yang justru akan berimbas pada keterbengkalaian dalam usaha pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat negeri ini.

Semoga saja hal tersebut di pikirkan dengan baik agar apa yang seharusnya dilakukan demi kesejahteraan rakyat tidak simpangsiur entah tahu kemana dan rakyat hanya tahu cerita jika negeri kita ini telah berhutang sekian banyak. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih. Majulah negeriku dan Sejahteralah Rakyat Indonesia semua tanpa ada Hutang.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment