14 Agt 2015

Selamat Hari Pramuka Indonesia KE-54

Pada Tanggal 14 Agustus 1961 silam, Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia. Sejak itulah Indonesia merayakan Hari Pramuka setiap 14 Agustus Seperti hari ini. Gerakan Pramuka pertama kali dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai kegiatan pembinaan kaum muda Inggris yang terlibat berbagai kekerasan serta kejahatan pada masa itu. Melalui buku Scouting for Boy, nilai-nilai kepanduan mulai berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia yang mengikuti pembinaan kaum muda tersebut yang diberi nama pramuka.
Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir Soekarno mengamanatkan agar meleburkan organisasi kepemudaan dalam gerakan pendidikan kepanduan yang dinamai Gerakan Pramuka pada tahun 1961. Tugas utama gerakan berlambang tunas kelapa ini adalah adalah untuk mendidik dan memandu anak-anak dan pemuda Indonesia. Keputusan tentang gerakan tersebut diresmikan oleh keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, pada 20 Mei 1961.

Sepanjang perjalanannya, Gerakan Pramuka di Indonesia mengalami pasang surut. Pentingnya kegiatan tersebut kurang dirasakan oleh generasi muda, alhasil nilai-nilai yang terdapat dalam kegiatan Pramuka seperti yang terkandung dalam falsafah Pancasila tidak optimal kehadiran dalam pembinaan pramuka ini.

Tepatnya pada 2006, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono mencoba merevitalisasi gerakan pramuka dengan melahirkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Kini di usia ke-54 tahun, Pramuka pun berupaya merevitalisasi gerakan akan lebih diterima generasi muda Tanah Air untuk dapat menciptakan generasi yang memiliki jiwa dan pribadi yang luhur.


Selamat Hari Pramuka Indonesia 2015 yang ke-54…

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia