6 Reshuffle Kabinet Kerja Presiden Ir. Jokowi Widodo

Presiden RI Pak Ir. Jokowi Widodo Telah mengumumkan perombakan kabinet kerja sekaligus melantik menteri penggantinya yang baru. Seperti yang sudah disiarkan diberita Liputan 6 Siang SCTV pada Rabu hari tanggal 12 Agustus 2015 Kemaren. Berikut Nama-nama menteri Hasil sementara dari perombakan Kabinet Kerja Presiden RI :
  • Sofyan Djalil (Menteri Koordinator Bidang Perekononomian)

Sofyan Djalil, pria kelahiran Aceh 23 September 1953 ini Pada awalnya merupakan menteri Koordinator bidang perekonomian namun jabatannya digantikan oleh mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution.

Berhenti dari Menko Perekonomian, Sofyan Djalil akan menempati posisi baru sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas untuk cabinet kerja Pak Presiden Jokowi. Sebelumya Sofyan Djalil juga pernah menduduki jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika dan Menteri BUMN pada masa pemerintahan SBY.
  • Tedjo Edhy Purdjiatno (Menko Polhukum)

Tedjo Edhy Purdijatno digantikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan. Kinerja Menteri Tedjo ini sebelumnya sempat disorot oleh sejumlah lembaga survei dan menunjukkan adanya sentimen negatif dari masyarakat akibat kebijakan dan pernyataannya yang kontroversial. Seperti menyebutkan pendukung KPK sebagai rakyat tidak jelas.
  • Indroyono Soesilo (Menteri Kemaritiman)

Kinerja Menteri Kemaritiman Indroyono soesila sebagai ujung tombak program poros maritim dianggap kurang memuaskan. Fungsinya sebagai menteri koordinator terlihat kurang maksimal, Untuk itulah Dia diganti oleh Rizal Ramli sebagai seorang ekonom mengisi posisi yang jabatannya ini.
  • Rachmat Gobel (Menteri Perdangangan)

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel rupanya tak cukup sigap untuk merespons kenaikan harga-harga sembako yang terjadi hingga saat ini ditanah air kita dan juga Kementerian Perdagangan ini juga dinilai tak berprestasi. Posisi ini diisikan oleh Thomas Lembong yang saat ini menjabat CEO dan Managing Director perusahaan ekuitas swasta.
  • Andrinof Chaniago

Posisi Menteri PPN/Kepala Bappenas digantikan oleh Menteri Perekonomian Sofyan Djalil. Andrinof yang berlatar belakang sebagai pengamat kebijakan publik ini dinilai banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang salah sasaran. Bahkan Andrinof sempat ditegur Presiden Jokowi karena dianggap berkinerja buruk terkait dengan serapan anggaran.
  • Andi Widjajanto

Pramano Anung menggantikan posisi Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. Andi dinilai sering mengeluarkan pernyataan kontroversial. Bahkan sering membocorkan pidato Presiden seperti saat Konferensi Asia Afrika (KAA).


Semoga saja dengan perubahan ikan efek baik ini, kinerja pemerintahan Lebih baik lagi dan lebih bisa memberikan efek baik untuk Indonesia pastinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment