9 Jul 2015

Pemerintah Akan Tentukan Lebaran Idul Fitri Melalui Sidang Isbat Pada Tanggal 16 Juli 2015

Jika Ormas Islam Muhammadiyah telah menentukan Lebaran idul fitri akan jatuh pada hari Jum’at tanggal 17 Juli 2015, namun pemerintah belum menentukan kapan jatuhnya lebaran idul fitri untuk ramadhan tahun ini yaitu 1436 H/2015. Seperti yang dilangsir dari Situs kementerian agama RI www.kemenag.go.id kementerian agama mengatakan akan menagadakan siding isbat terlebih dahulu dengan mengundang berbagai sumber aksi untuk menentukan jatuh hari raya idul fitri pada tahun ini.
Kementerian agama akan mengadakan rapat dengan mengundang beberapa toko agama dan juga ahli astronomi yang dapat memberikan sumber perukyat dari kemunculan hilal dititk tertentu di Indonesia. Jika pada rapat isbat tersebut menemukan jawaban bahwa hilil telah terlihat dengan baik, maka pada esok harinya tanggal 17 Juli 2015 akan dilaksanakan sholat idul fitri dan berarti akan berbarengan dengan ormas Islam Muhammadiyah.

Jika pada saat rapat tersebut, belum dipastikan dengan baik dan jelas dengan penuh keraguan, maka kementerian agama akan menentukan idul fitri jatuh pada hari sabtu pada tanggal 18 Juli 2015. Dari pernyataan menteri agama tersebut aka nada kemungkinan bahwa lebaran idul fitri akan jatuh pada hari sabtu tanggal 17 Juli 2015.

Walaupun berbeda dalam penentuan, setiap petinggi agama akan menjungjung tinggi nilai toleransi antar petinggi agama tersebut dan tidak menjadi hal yang dapat memecahkan agama islam pastinya. Jika merayakan lebaran pada tanggal 17 Juli 2015 tidak menjadi pelanggaran tentunya karena menurut petinggi Ormas Muhammadiyah pada tanggal tersebut hilal sudah bisa dilihat  2 derajat namun kepastian untuk pemerintah akan berbeda karena penentuan yang dilakukan oleh pemerintah adalah diatas 2 derajat dimana hilil terlihat jelas keberadaannya.


Jika memang berbeda dan setiap tahun selalu seperti ini akan menjadi cara yang khas tentunya untuk di diindonesia dan selalu berjalan dengan baik tanpa mengurangi hal yang dapat merusak persaudaraan antar umat silam di diindonesia pastinya. Jadi, kita tunggu saja keputusan pemerintah melalui kementerian agama RI dalam menentukan lebaran idul fitri pada siding isbat pada tanggal 16 Juli 2015 malam WIB. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

1 komentar

Ampun dech, mslah uang, mslah lebaran (dunia) kok umat islam over banget ya semangatnya, V mslah puasa dan zakat (tuk akhirat) sangat minim semangatnya!! Astaqfirrullah hal'aajiim....


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia