Menggantikan Uang Kembalian Pakai Permen, Siap-siap Di Denda 200 Juta Atau Penjara 1 Tahun

Mungkin anda pernah mengalami hal ini ketika berbelanja disebuah supermarket, pada saat anda berbelanja dan membayar belanjaan anda di kasir dan ketika itu pula ketika uang kembalian anda diterima ada permen didalamnya. Mungkin bagi anda tidak meperdulikan masalah ini namun sebetulnya hal ini dilarang oleh negera kita sejak tahun 2011 silam.
Undang-undang yang dikeluarkan Oleh BI dengan pasal 23 Ayat (1) Undang-undang No 7 Tahun 2011 tentang mata uang yang diatur bahwa setiap orang dilarang menolak untuk menerima rupiah yang penyerhananya dimaksud  sebagai pembayaran atau menyelesaikan kewajiban yang harus dipenuhi dan/atau untuk transaksi keuangan lainya diwilayah Republik Indonesia, kecuali karena terdapat keraguan atass keaslian rupiah.

Pasal 33 ayat (1) Undang-undang tertulis, setiap orang yang tidak menggunakan rupiah dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainya yang harus dipenuhi dengan uang, maka akan dipidana dengan tindak pidana paling lama 1 tahun penjara dan denda paling banyak 200 juta rupiah.
Nah, bagi anda yang jika berbelanja masih mengalami hal semacam ini, anda bisa melaporkanya hal ini kepada piahk berwajib karena sudah termasuk hal yang merugikan pembeli. Bagi anda yang bekerja sebagai kasir disalah satu supermarket agar menjadi pertimbangan dan peringatan agar tidak terjadi kesalahan fatal ini yang akan merugikan anda pastinya dan juga tempat anda anda bekerja. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Facebook Comment