Islam Muhammadiyah Pastikan Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 17 Juli 2015

Ormas Islam Muhammadiyah Sudah dipastikan Akan merayakan Idul Fitri Pada Hari Jum,at Tanggal 17 Juli 2015 berdasarkan pernyataan keta umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bapak Din Syamsuddin yang memberikan pengumuman bahwa Idul Fitri pada ramadhan rahun ini yaitu 1436 H/2015 Masehi.  Jadi bagi seluruh ormas Islam Muhammdiyah akan merayakan hari kemenangan ramadhan pada hari dan tanggal tersebut.
Ketua Umum Muhammadiyah tersebut memberikan penjelasan bahwa pata tanggal 17 Juli 2015 merupakan hari idul fitri berdasarkan perhitungan hisab dan berdasarkan Hilal yang telah terlihat pada tanggal tersebut yaitu pada tanggal 16 Juli 2015 malam. Jika terlihat mendung atau suasana huja pada tanggal tersebut maka sudah dipastikan lebaran akan jatuh pada tanggal 18 juli 2015 dan puasa ramadhan ini akan genap menjadi 30 Hari Penuh atau sebulan penuh.

Sementara dari Pemerintah belum bisa memastikan lebaran idul fitri karena menunggu pada malam tanggal 16 juli 2015 untuk melihat hilal. Biasanya NU atau pemerintah mengunakan perhitungan hilal mencapai 4 derajat sedangkan muhammadiyah mengunakan perhitungan hilal 2 hingga 3 derajat. Jika sudah terlihat maka dibolehkan untuk lebaran.


Walaupun perbedaan itu sering terjadi baik itu dalam hal menentukan puasa pertama atau idul fitri namun toleransi antar muhammadiyah dan pemerintah selalu terbina sejak dahulu hingga kini. Semoga hal ini selalu terbina dalam hal menentukan idul fitri tahun ini. bagi yang lebarannya tanggal 17Juli 2015 diharapkan tidak mempengaruhi yang belum merayakan dan begitu juga yang belum lebaran tidak mempengaruhi yang lebaran. Dengan begitu maka kerukunan antar ormas islam di Indonesia akan selalu terjaga dengan baik dan kita nyaman dalam menjalani ibadah. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment