Asal Usul Keberadaan Baju Koko Di Indonesia

Sebagai umat Muslim, baju koko tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kita. Baju koko sangat kental keberadaan dalam hal keagamaan dan dalam kita menjalani ibadah kepada Allah SWT pastinya dan Baju koko tentunya sangat banyak digunakan dan dipakai oleh umat muslim seluruh dunia. Bukan itu saja kadang pula baju koko ini juga sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari oleh umat muslim untuk beraktivitas seperti sekolah, hari jum’at pada sebuah instansi atau tempat lainnya yang mewajibkan memakai koko setiap hari Jum’at.
Aplagi pada saat ini dibulan suci ramadhan sudah pasti tidak akan asing lagi dengan baju koko ini kita lihat karena setiap malam pada bulan ramadhan ini kita melaksana sholat tarawih di masjid dan kehadiran baju koko ini sudah pasti kita dapat lihat secara nyata setiap orang memakainya. Namun sebelum kita tahu banyak mengenai baju koko di Indonesia ini, maka lebih baik kita harus mengetahui proses keberadaan dan asal usul sebenarnya dari baju koko ini yang sangat kental dalam masyarakat kita ini.

Sebenarnya asal usul dari bajo koko ini merupakan baju oplosan dari adat betawi dan Tionghoa yang digunakan masyarakat untuk kegitan sehari-hari pada masanya dan baju koko tersebut dahulunya dinamakan baju Tui-Khim. Seiring bergesernya waktu baju tersebut memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan pernyataan yang seorang budayawan Remy Sylado dalam sebuah Novel Pangeran diponegoro yaitu “ Menuju sosok khlifah, Baju ini digunakan oleh engkoh-engkoh yang tentunya sebutan untuk lelaki Tionghoa pada masa tersebut.


Namun berbagai pendapatkan menyatakan kalau baju koko ini merupakan proses budayawan yang sangat panjang dan tahu persis kapan baju ini adanya namun melihat proses peradaban warga tionghoa yang memiliki kesamaan dalam bajunya tentunya memiliki kaitannya dengan adanya baju koko ini di Indonesia. Seiring berjalan waktu baju koko ini telah menjadi trend untuk umat muslim bukan saja di di Indonesia saja namun umat muslim seluruh dunia pastinya. Itulah asal usul mula adanya baju yang kini disebut baju kokok. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Terima Kasih Atas Kunjunganya Dan Semoga Bermanfaat Untuk Anda

Facebook Comment