Sepakbola Indonesia : FIFA Resmi Penjarakan PSSI Dengan Sanksi

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) Secara resmi telah menjatuhkan hukuman kepada federasi sepakbola Indonesia (PSSI) Melalui surat yang diberikan pada 29 Mei 2015. Akibat dari sanksi tersebut tentunya sepakbola Indonesia akan mendapatkan kerugian besar seperti tidak bisanya sepakbola Indonesia untuk mengikuti kompetisi antar klub resmi FIFA dan juga AFC.
Dengan adanya sanksi FIFA Tersebut timnas U-16 dan U-19 sudah dipastikan tidak bisa mengikuti turnamen antar klub asia pada sea Games 2015 ini terkecuali timnas U-23 yang sebelum sanksi itu ada mereka sudah berjalan. Hal ini mendapatkan berbagai pendapatkan pro dan kontra dari berbagai pelosok negeri ini, ada yang bilang jika ini sanksi maka akan lahir dunia baru bagi sepakbola Indonesia untuk berkembang, namun di sisi lain, dengan pembekuan ini maka perkembangan sepakbola Indonesia akan semakin sulit untuk maju.

Sanksi FIFA yang tertulis dalam surat resmi tersebut memeberikan syarat kepada PSSI jika masih ingin berlaga dalam kompetisi eropa dan jika syarat itu dipenuhi maka sanksi tersebut akan dicabut, berikut syarat yang FIFA berikan kepada PSSI dalam surat tersebut :

·     Komite PSSI yang terpilih mampu mengelolah urusan PSSI secara independen dan tanpa pengaruh dan campurtangan dari pihak ketiga termasuk menteri atau lembaganya.

·      Tanggungjawab untuk tim nasional Indonesia wewenangnya dikembalikan kepada PSSI Sepenuhnya bukan badan lainnya

·   Tanggungjawab Semua Kompetisi PSSI Dikembalikan wewenangnya kepada PSSI atau liga yang berada dibawahnya dan

·   Semua klub yang mendapatkan lisensi dari PSSI Berdasarkan regulasi lisensi klub PSSI Mampu bersaing di kompetisi PSSI.


Dengan adanya syarat tersebut, sudah pasti PSSI-lah yang berkewajiban untuk mengurus semuanya bukan politik dan lembaga lain yang ikut mencampuri urusan sepakbola Indonesia, Jika satu lembaga saja bisa mengurusi tanpa ada campur tangan yang lain yang kita tahu memiliki kepentingan sepihak maka sudah pasti FIFA akan memberikan hukuman hal serupa dan sepakbola Indonesia tak akan pernah bisa berkembang sampai kapanpun. Semoga saja ada solusi baik demi kemajuan sepakbola dan generasi berikutnya untuk sepakbola Indonesia. Majulah sepakbola Indonesia.

Facebook Comment