Marhaban Ya #Ramadhan : Agar Tetap Bersemangat Berpuasa Dengan Makanan Dan Minuman Berikut Ini

Puasa Ramadhan telah datang ditengah kita semua yang dimulai pada hari ini tanggal 18 juni 2015, Bagi kaum muslimin dan muslimat tentunya melaksanakanya dengan sebaik mungkin mengharapkan ridho illahi. Namun yang namanya manusia pastilah merasa lemah dan tak berdaya ketika tidak makan dan munum dalam seharian selaa berpuasa.
Nah, Untuk itulah dibawah ini agar puasa anda nyaman dan tetap bersemngat ketika anda menjalaninya dengan asupan makan dan mnuman yang tepat saat berbuka dan sahur, Berikut Beberapa Bahan makanan dan minuman tersebut :
  • Konsumsi serat 
Pastikan dalam menu sahur Anda terdapat serat yang berfungsi agar merasa kenyang lebih lama dan menjaga usus tetap sehat. Sumber serat terbaik adalah kacang-kacangan, beras cokelat, biji-bijian, oatmeal, sayuran, buah beri, pir dan apel.
  • Asupan protein 
Protein dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan menunda rasa lapar. Sumber terbaik protein yakni telur, yoghurt, kacang-kacangan, kedelai, ikan, dan ayam.
  • Sumber lemak sehat 
Makanan ini membantu kenyang lebih lama seperti avokad, kacang, selai kacang, zaitun, minyak zaitun. Hindari makanan yang digoreng saat sahur.
  • Buah 
Pilih buah asli dibandingkan jus buah yang kaya gula. Jatuhkan pilihan pada buah pun kaya serat yang membuat rasa kenyang lebih lama. Ditambahkan pendapat dari Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah buah yang kaya serat untuk sahur stroberi, mangga atau jeruk.
  • Air putih 
Jangan lupa minumlah air putih minimal dua gelas saat sahur agar menjaga tubuh terus terhidrasi. Boleh juga tambahkan sayuran kaya air seperti timun, tomat, selada air.

Selamat Berpuasa ramadhan 1436 H, Semoga Puasa Anda diterima Oleh Allah SWT, Amin…

Facebook Comment