Marahaban Ya #Ramadhan : Biasakan Saat Berbuka Jangan Terlalu Kenyang

Selama seharian penuh dari terbit fajar hingga terbenam matahari kita menahan makan dan minum dan hal lain yang dilarang oleh Allah SWT agar nilai ibadah puasa tidak berkurang didalam kita menjalaninya. Pada saat menjalani ibadah puasa tersebut tentunya kita merasakan lapar dan haus dan kita tentunya sangat antusias sekali pada saat berbuka nanti dengan hindangan yang enak dan banyak.
Pada saat puasa tersebut pula, jika melihat makan itu ini pasti kita tergiur, kita berpikiran akan menghabsikan semua apa yang kita lihat dari mata kita, kita beranggapan apa yang kita beli tersebut semua akan kita makan tanpa menghiraukan niat dari apa yang kita bacakan pada saat kita hendak melakukan puasa tersebut.

Puasa bukan ajang untuk makan tanpa ingat waktu pada saat berbuka, tanpa melihat kita sudah kenyang atau belum sehingga semua makanan yang ada kita habiskan semua yang pada akhirnya perut kita terasa sakit dan akhirnya kita malas untuk melaksanakan ibadah yang lain seperti sholat magrib dahulu, isya dan taraweh dengan alasan kekenyangan saat berbuka.

Hal tersebut tentulah sangat disayangkan karena kita berpuasa hanya bisa melakukan hal seperti itu saja tanpa melihat apa yang sedang kita kerjakan. Ketika kita berbuka puasa biasakan makan sedikit demi sedikit dahulu, jangan memaksakan diri ketika berbuka telah datang kita santap semua hidangan yang anda dengan lahap tanpa mengingat Allah SWT untuk kita baca bismillah dan melaksanakan ibadah lainnya lagi.


Semoga kita tidak seperti itu melaksanakan berbuka dengan kadar yang sudah ditentukan Tauladan rasul kita Muhammad SAW yang jika berbuka awal hanya memakan satu butir kurma lalu melaksanakan ibadah magrib berjamaah, setelah selesai beribadah magrib barulah beliau menyantap hidangan yang lain tanpa tergesa-gesa dan terlalu kenyang agar sholat isya dan taraweh tidak terganggu dengan kekenyang perut kita. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya, terima kasih.

Facebook Comment