Pemerintah Rencanakan Wajib Militer, Setujukah Anda ?

Apa jadinya jika Indonesia memberlakukan wajib militer bagi warganya? "UU Wajib Militer ini sangat dibutuhkan oleh bangsa kita sekarang di tengah kerawanan akan konflik horizontal akibat berbagai macam perbedaan. Kalau tidak dikelola dari sekarang generasi muda akan putus dengan kesejarahannya dan memiliki paham sendiri," katanya di Pekanbaru, seperti dikutip dari antara.
Baginya, wajib militer bisa menjadi sebuah jembatan untuk memperbaiki tantaan negara ini. Ia juga mengatakan bahwa UU ini pernah diwacanakan dan dibicarakan dengan DPR periode sebelumnya. Sayangnya tak mendapat respon yang positif, mengingat akan adanya fenomena militerisasi secara umum ke publik nantinya.

"Wajib Militer sudah sempat disinggung dalam pasal di UU Ketahanan Negara. Saat ini pilihannya bisa dititipkan ke UU Ketahanan Negara atau buat UU sendiri," tambahnya lagi.

Ia juga mengatakan kalau pun diberlakukan, wajib militer di Indonesia tak akan seperti di negara-negara lain, dan bisa dimulai dari para Mahasiswa dulu.

"Wajib militer bisa melalui mahasiswa dulu. Daripada ospek berbulan-bulan yang tidak jelas manfaatnya. Lebih baik dua sampai tiga bulan diberi pendidikan kewarganegaan yang ketat tentang kedisiplinan dan kebangsaan," ungkap legislator asal Riau ini.

Ketika ditanyakan tentang anggaran, ia mengatakan bahwa wajib militer bisa memakai dana pendidikan karena jumlahnya yang lebih dari cukup.

Namun belum ada tanggapan langsung dari presiden Jokowi maupun Jenderal TNI Moeldoko tentang wacana ini. Apakah memang penting wajib militer diterapkan di Indonesia?
Info By : msn.com

Facebook Comment