Fenomena 'Halo' di Meksiko Dipercaya Pertanda Kiamat Sudah Dekat

Ketika fenomena 'suara sangkakala dari surga' gegerkan dunia maya, warga Meksiko justru dihebohkan dengan fenomena 'halo' yang muncul mengitari matahari pada Kamis (21/05/2015) lalu.Halo merupakan sebuah fenomena optis berupa lingkaran cahaya yang mengitari benda langit atau sumber cahaya, seperti matahari, bulan, atau lampu.
The Independent melaporkan bahwa warga Meksiko pada hari itu menyaksikan ilusi optis akan keberadaan cahaya yang membentuk lingkaran sempurna, mengitari bentuk matahari. Beberapa bahkan percaya bahwa halo merupakan satu dari pertanda kiamat.


Ada pula yang percaya bahwa bentuk cahaya yang misterius tersebut merupakan sebuah pesan dari kedatangan alien. Ada juga yang ketakutan akan penglihatan tersebut.

"Saya menerima 30 panggilan dari beberapa orang yang ketakutan dan berpikir bahwa (halo) itu adalah sebuah pertanda buruk. Lainnya berpikir bahwa akan ada hujan yang lebih lebat dari sebelumnya," kata Juan Manuel Caballero dari National Weather Service.

Namun, di samping pendapat-pendapat tersebut, sebenarnya fenomena ini terbilang cukup biasa ditemui. Dikatakan halo disebabkan oleh cahaya matahari yang bertemu dengan jutaan kristal es yang terdapat di atmosfer Bumi.

"(Halo) itu sangat biasa (terjadi). Masalahnya, orang tidak pernah melihat ke atas," tutur Caballero lagi kepada AFP.

Menurut para ilmuwan, kristal-kristal tersebut mengakibatkan cahaya matahari menjadi terpantul dan mengalami pembiasan. Dari pembiasan dan pantulan itulah timbul sebuah lingkaran berwarna seperti pelangi, melingkari matahari.

Beberapa ahli mengatakan bahwa meski halo tersebut muncul di Meksiko, fenomena itu juga sebenarnya dapat terlihat di tiga kota lainnya.


Info By : msn.com

Facebook Comment