5 Feb 2015

Menjadikan Diri Sebagai Jurnalis Lingkungan



Masalah Lingkungan dalam kurun waktu beberapa dekade belakangan ini semakin rumit dan polpuler keadaannya. Perubahan Iklim dan alam berserta dampak-dampaknya bagi kesehatan dan keselematan setiap penghuni bumi ini tanpa terkecuali membuat pihak semakin sadar betapa semakin terancamnya lingkungan hidup secara menyeluruh dan betapa terlambatnya kita bergerak untuk mengatasinya masalah lingkungan ini. Walaupun telah dilakukan penyuluhan dari berbagai cara agar kita sadar akan lingkungan arti pentingnya lingkungan tempat tinggal kita, namun tetap saja penyakit tersebut belum bisa tersembuhkan hingga saat ini dalam masalah lingkungan hidup ini.
Menyanyangi alam beserta isinya dalah tugas kita semua denga melindungi, memlihara serta melestarikannya dari segala ancaman public dan perkemabangan zaman pastinya. Hal ini tentuanya tidaklah cukup untuk mempertahankannya jika turun tangan dari kita sendiri kurang menyadari betapa pentingnya kita ikut serta dalam hal ini. Bukanya kita tak paham atau tak mengerti masalah lingkungan namun kita memang menggabaikannya sehingga pada saat peristiwa alam terjadi barulah kita sadar bahwa kita belumlah maksimal dalam mengambil peran dalam mengurusi lingkungan kita.

Tugas semacam ini tentunya bukan saja tug pemerintah yang bergerak untuk menghimbau dalam arti mengajak kita untuk selalu memelihara lingkungan ala mini, namun secara intinya adalah tugas kita semua yang sangat dekat dengan lingkungan tersebut alias pelaku dari apa yang terjadi di dalam lingkungan tersebut. Peran pemerintah bukan mungkin sekedar memberikan masukan saja tanpa ada pelakunya maka tidak akan terbentuk suatu tindakan untuk berperan dalam memelihara lingkungan kita tinggal.

Berbagai cara dan hal yang dapat kita jadikan pedoman agar kita dapat mengerti betapa lingkungan kita sangat membutuhkan toleransi dari kita agar terpelihara dengan baik. Salah satunya adalah menjadikan diri sebagai jurnalis lingkungan agar kita bisa menerepakan hidup berosial dengan lingkungan setempat agar terbentuk lingkungan yang sehat, aman dan lestari pastinya terhindar dari berbagai bencana yang akan mendatangkan malabahaya untuk kita.

Jadi, tak perlu menunggu himbauan atau perintah utnuk memilhara lingkungan kita, kita bisa melakukannya sendiri dengan menjadikan diri sebagai penggerak dalam memberikan masukan untuk warga lingkungan kita agar tetap menjaga lingkungan sekitar. Dengan begitu kita dan lingkungan kita akan merasa ikut serta dalam melestarikan lingkungan setempat ataupun memberikan contoh untuk yang lainnya.

Sumber gambar : Google

2 komentar

Idealnya mmg tdk perlu diminta/disuruh/dihimbau dr pihak luar utk sadar lingkungan. Tapi, kenyataannya, kebiasaan masyarakat kita masih dominan yg belum aware utk ramah terhadap lingkungan

iya mba rire, kesadranlah yang harus kita tnamakan dalam masyarakat kita


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia