24 Feb 2015

Berpacu Melintasi Alam Wisata Desaku Semurung Sarolangun Jambi

Desaku ini Bernama Desa Semurung Air Hitam Berkecemtan Air Hitam dan Berkabupaten Sarolangun dan berprovinsi jambi Pulau sumatera Indonesia tercinta. Dengan di keliling hutan yang lebat dan sungai yang mengalir jernih membuat aku menyukai desaku ini sebagai tempat yang paling indah untuk bisa memberikan aku gambaran bahwa suatu saat nanti desaku ini akan menjadi objek wisata yang indah. Dengan didukung beberapa kearifan asli desaku tersebut dan juga di kelilingi berbagai objek yang dapat dijadikan symbol wisata yang bisa mengangkat desaku dari dunia pelosok ke dunia modern.
Sebut saja sungai yang pernah aku ceritakan dalam beberapa artikel blogku bahwa sungai air hitam ini merupakan sungai terpanjang yang melintasi beberapa desa dari desa pematang kabau hingga lubuk kepayang lalu terus ke muara sungai yaitu sungai musi yang akan melintasi juga sungai batang hari dan kota jambi dan terus ke Palembang. Sungai ini mengalir begitu panjang dan dari dulu selalu terjaga keasliannya dan kejernihannya karena setiap desa selalu menjaga dan melestarikan sungai ini menjadi objek wisata perairan tawar yang asri nan indah.

Belum lagi danau-danau, air terjun, margasatwa liar dan perbukitan yang masih asri menambah keaslian yang akan memberikan cerita tersendiri bagi pengunjung yang datang ke desaku mampun desa-desa lainnya yang ada berada di satu kecemtana dan kabupten tersebut. Perlu diingat walaupun desaku dan desa yang lain saling berdekatan namun dari segi bahasa sangatlah berbeda dan hal ini akan terasa unik karena jika pengunjung datang ke beberapa desa maka mereka akan merasa heran kenapa setiap desa selalu berbeda dari segi bahasanya dan ini merupakan cirri khas desa yang terdapat di kecemtan air hitam ini.
Acara adat istiadat yang unik tentunya juga merupakan kekayaan local yang tak ketinggalan untuk aku ceritakan dalam artikel ini karena budaya dan adat istiadat tersebut merupakan karya dan peninggalan nenk moyang yang patut dilestarikan dan di pertahankan dengan cara memberikan pengarahan dan pelajaran kepada generasi penerus termasuk aku sebagai asli desaku ini. Salah satunya adata istiadat yang sering aku ikuti adalah pencak silat harimau dan musik khas daerah jambi yaitu biduk sayak.

Pencak silat harimau merupakan peninggalah para nenk moyang para pejuang desaku dulu yang dipakai untuk melawan para penjajah dan kini selalu diajarkan kepada generasi penerus, bukan untuk berperang namun ini telah menjadi tradisi desaku yang harus dimiliki setiap pemuda. Musik dan dengang biduk syaak begitu juga harus paham dan mengerti karena music ini adalah musik yang mencirikhaskan bahwa itu adalah orang jambi asli dan termasuk kampungku mewajibkan menimal bisa berpantun yang merupakan ciri khas juga untuk orang melayu.

Jadi, jika anda berkunjung ke desaku desa semurung air hitam kecematan pauh kabupten sarolangun provinsi jambi, jangan lewatkan untuk mandi di sungai air hitam dan berenang karena setiap sore para pemuda pemudi begitu ramai mandir bersama di sungai ini, Biasanya saya dan teman desaku untuk menjangkau sungai ini cukup dengan berjalan kaki atau bisa juga dengan bersepeda itu lebih mengasyikan tentunya. 

Nah itulah keunikan desaku, dan bagaimana dengan desa dan tempat tinggalmu ?, semoga memiliki yang lebih indah lagi untuk anda ceritakan dan untuk anda bagikan mengenai desamu masing-masing karena saya tahu Indonesia ini negeri yang indah dengan berbagai kekeyaan alam nan indah pastinya. Maju terus Negeri wsiataku Indonesia dan asri alamku. Terima Kasih.

8 komentar

wah hutan-hutan masih rindang. ^_^ dan banyak yang renang di sungai pula,, jarang di sini sungai yang kaya gitu heuheu

kalau aku pernah ke sorolangun tapi nggak sampai ke desanya, cuma smpat foto di patung yang ada kerisnya ^_^

Ihh, jadi pingin nih. Boleh numpang tidak kalo pas backpackeran ke Jambi, Bang? He...he..he...

@nuzululpunya

Itu beneran pemuda pemudi mandi di sungai? Berarti airnya masih bagus banget yaa *iri* hehe

Itu beneran pemuda pemudi mandi di sungai? Berarti airnya masih bagus banget yaa *iri* hehe

wah keren tuh pemandangannya asyik banget kayaknya

Margasatwa liar itu apa aja bro, ntar nyerang kita orang kali ya.

@rizalarz

wiiii, itu jembatannya....berasa kayak berjalan di game adu nyali tuh.

@ririekayan


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia