5 Jan 2015

Tahun 2015, Medsos Dan Titik Jenuh Masih Meyelimuti Ruang Gerak Seorang Blogger



Semakin berkembangnya teknologi komunikasi hingga saat ini dan berdampak juga pada media social yang digunakan apalgi saat ini media social tersebut bisa diakses dimana saja anda berada karena alat komunikasi sudah dilengkapi berbagai fitur media social Seperti Media Twitter, Facebook, Instagram, Line, Wattsapp dan masih banyak lagi media social lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Dengan Keasyikan bercengkrama di Akun social diatas perlahan-lahan membuat para blogger mulai jenuh mengelolah blog mereka seperti posting, desain dan blogwalking dan akhirnya mreka meninggalkan blog untuk waktu yang lama.


Karena mereka lebih aktif di media social tersebut mengakibatkan kemunduran di dunia blogger. Akan tetapi penurunan semangat update posting blog tak serta merta merupakan penurunan kualitas blogging karena pengaruh dari mereka lebih memilih menggunakan media social untuk update diri dan bisnis mereka akan tetapi ada juga kendala lain yang membuat mereka tidak mau lagi kembali eksis di dunia yang mungkin telah membesarkan karier mereka didunia maya tersebut. 

Meskipun ngeblog kian hari kian tergeser dengan perkembangan media sosial dan alat komunikasi lainnya yang mendukung perkembangan itu, namun dunia blogging tak sampai habis disini saja, apalagi menjadi langka atau hilang ditelan bumi. Dunia Blogger akan tetap masih memiliki taring yang tajam dan daya pikat yang kuat bagi blogger yang konsisten update dan mengelolah blognya. Namun memang jumlah blogger yang konsisten lebih sedikit dibandingkan yang menelantarkan blognya dan tidak lagi menafkahkan blognya dengan update posting setiap hari karena kehadiran media sosial yang semakin PD dan lebih lihai dalam Mengelolah dan menarik simpati dalam bersosialisasi hingga tahun saat ini.

Hal yang Menjadi acuan saya dalam memprediksi bahwa dunia blogger yang memang kalah bersaing dalam perebutan dunia maya paling top adalah ketika pengumpulan data blogger yang aktif dan media sosial yang ada di ponsel mereka. Dan ternyata lebih banyak media sosial yang mereka kelolah daripada blog baik itu yang gratis apalagi yang berbayar. Karena Kebanyakan dari mereka ngeblog hanya sekedar untuk mencari hal yang berbau uang saja sehingga dalam mengelolah blog mereka sekedar cari hal itu saja tanpa peduli, apa yang terjadi pada blog mereka jika mereka tidak memiliki inisiatif yang tinggi untuk beralih jangan memikirkan materi saja dlaam ngeblog karena jika hal itu sudah menjadi tujuan utama untuk ngeblog maka jika anda gagal dalam sebuah ajang kompetisi blog maka anda akan meninggalkan blog anda bukan itu saja mungkin anda akan membenci dunia blogger, aku harap tidak terjadi para diriku dan sobat yang konsisten pada blog mereka. 

Dalam Prediksi saya, Pada tahun 2015 ini akan terjadi kemunduran pada dunia blogger di Indonesia secara keseluruhan semakin hari semakin bertambah mereka yang pergi meninggalkan blog mereka dengan alasan yang pasti tentunya, seperti lelah mengurusi blog mereka tak kunjung naik pangkat, tak ada peningkatan dari segi trafic dan pengunjung dan selalu kalah dalam lomba blog dani de yang ada sudah habis dan tidak mau memperdlaam lagi ilmu pengetahuan mereka dalam dunia blogging mereka. Dengan peristiwa seperti itulah mereka dengan segaja pergi meninggalkan blog mereka untuk selamanya.

Pada Desember 2014 belum lama kita tinggalkan ini, Saya yang memang eksis didunia blogdetik telah menemukan hal yang membuat mereka itu meninggalkan blog mereka dalam waktu yang cukup lama dan baru kembali lagi karena suatu hal saja. Program semangat ngeblog yang diadakan blogdetik itu sebenarnya untuk memotifasi blogger detik untuk kembali lagi mengelolah blog mereka dengan baik dengan dibarengi update posting dan bisa ditukarkan ke berbagai hadiah setelah selesai periode. Dari program tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa kebanyakan dari mereka membuat blog hanya inginkan hadiah saja alias ngeblog dalam waktu yang singkat saja, ketika titik jenuh karena tidak ada lagi yang mau di kejar maka blog mereka akan terbengkalai seiring waktu berjalan. Jika seorang blogger hanya terpaut dengan hadiah saja atau event tertentu saja maka blog mereka tidak akan awet dan pasti mereka akan jenuh ketika waktu nanti.

Perlu dikaji lebih dalam lagi bahwa Inti dari kita ngeblog adalah kontisten, Hoby dan mengutarakan inspirasi tanpa basa basi alias tidak memikikan apa yang akan saya dapatkan ketika saya ngeblog, Dalam diri seorang blogger sejati adalah tingakt kepuasan diri dalm memberikan manfaat pada orang lain lewat posting blog pastinya. Dengan begitu maka blog yang kita miliki tidak akan luntur seiring waktu berjalan dan tdak kalah bersaing dengan media sosial lainya. Seharusnya dengan berkembangnya media sosial ini, makin bagus untuk bisa makin rajin ngeblog karena media sosial mempunyai peran yang baik untuk bisa promosikan blog kita agar lebih terkenal. Namun entah kenapa dari segi lain malah menimbulkan kesan yang buruk dengan keterlibatan media sosial ini pada blog yang dimiliki, malah sebaliknya, hal sudah kita tekuni dari awal (blog kita) malah semakin menghilang dari hadapan kita karena kita lebih serius mengurusi media sosial yang kita miliki. Hal ini tentunya pasti dirasakan oleh semua blogger termasuk aku sendiri sering mengabaikan blog dengan manfaat media sosial ini dan kahirnya blog saya terbengkalai tak bertuan.

Hal diatas mungkin sudah cukup saya prediksikan mengenai trend dalam dunia blogger 2015 ini. Jika ada yang kurang berkenan dan kurang jelas, mohon dapat dilengkapi diposting anda masing-masing pastinya. Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang tak bersalah didunia ini begituapun saya karena yang maha benar itu hanyalah Allah SWT. Namun dari kesalahan itulah kita bisa belajar dan bangkit untuk menjadi diri lebih baik lagi. Semangat terus ngeblog dan jadikan tahun 2015 ini sebagai kebangkitan untuk dunia blogger indonesia.


Salam Sukses dan semangat untuk blogger indonesia…

28 komentar

Hihihi.. Ternyata kita sama saja. Kalau sudah keasyikan ber sosmed kadang lupa waktunya update blog.

Saya belum berada di titik jenuh ngeblog :D masih baru soalnya

facebook sudah jarang dibuka tetapi masih dibutuhkan

Ya bisa jadi sih makin mundur dan blas hilang, apalagi generasi sekarang semakin malas untuk membaca

tapi yah lihat saja nanti!

Bener nih. Saya setuju.
Tapi ya memang kok media sosial sekarang makin rame dan banyak orang yang jarang ngisi blognya tapi eksis di media sosial lain. Ya,, begitulah. Selalu ada hal baru yang mengalihkan. Tapi terkadang adakalanya mereka akan kembali ngeblog.

"Inti dari kita ngeblog adalah kontisten" berat tapi itu tantangannya

Prediksi ttg kemunduran aku gamau setuju ah, kita sbg Blogger kudu saling dukung supaya gak terjadi kemunduran, iya bukan?

@dini, betul, pasti mereka akan kembali bila jenuh juga mengugnakan medsos

@cica, betul sekali itu, semangat ngeblog

Mas @f.nugroho betul mad konsisten dan semangat selalu

@kang didno, untuk share artikel blog harus itu mas

Mba @rohani, semoga tidak mengalami jenuh ini dan tetap semangat ngeblog

@yuni, haha betul klo udh asyk sosmed jd mls ngeblog :)

sepertinya memang pandangan Ideep seperti itu juga hehe lebih dari 50% lah.. :)

@andresya berati ok dong jadi 100% akyu dan kamu :)

harusnya media sosial dan blog itu saling berkaitan. Tapi banyak blogger yang terlena dengan kesimpelan media sosial. Jadinya jarang update deh.

apenye yang baru,,,,, hadehh
udah malang melintang ghetooo

Aku masih suka dengan ngeblog kok, mas, memang sih di hape aku banyak aplikasi medsosnya, tapi aku pake juga dua aplikasi blog seperti Blogspot Dan WordPress

medsos emang jadi momok ya buat blogger, sering melalaikan dan melenakan hheeeh

keasikan main game juga bisa bikin lupa kalo punya blog

microblogging semakin merajalela memang, dengan keinteraktifannya membuat orang terpedaya dibuatnya


EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia