Melewati Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatera Barat



Dari Berbagai tulisan yang ad adi internet mengakui bahwa jembatan kelok 9 ini merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan karena kindahannya, terbukti peresmiannyapun di resmikan oleh Mnatan bapak presiden kita bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 kemaren. Jadi tidak salah lagi kalau jembatan kelok 9 ini merupakan pariwisata yang patut anda kunjungi apalagi anda sebagai orang sumatera harus tahu tentang keberadaan jembatan kelok 9 ini.
Jalur Kelok Sambilan atau jembatan keok 9 ini merupakan jalur lalu lintas yang menghubungkan daerah Riau dengan Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dari Pekanbaru ke Padang pasti melewati Kelok 9 ini, begitu juga dari Sibolga ke daerah Riau juga melewati Kelok 9. Jadi Jalur kelok 9 ini sangtlah penting karena menghubungkan beberapa pulau di sumatera ini. Jika anda bepergian dari Pekanbaru hendak pulang ke Padang atau Bukittinggi selalu melewati jalur Kelok 9 ini pastinya. Namun harus bersiap jika melewati Jalur Kelok 9 ini karena cukup membuat perut teraduk-aduk karena tikungannya yang tajam dan banyak pastinya.
Karena keindahannya jalur kelok 9 ini maka Pada musim liburan seperti lebaran pasti macet dan ramai karena banyaknya pengguna kendaraan yang melewatinya dan singgah sekedar untuk melihat cagar alam yang indah disini. Waktu tempuh Untuk melewati jalur kelok 9 ini juga lebih lama karena jalurnya yang panjang dan haruslah berhati-hati jika melewatinya karena jurang yang tinggi disisi jalan.
Arti Dari Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.
Jadi jika anda hendak ke sumatera khususnya menuju ke padang atau riau, maka jangan lewatkan untuk mampir ke jembatan kelok 9 ini karena jekmbatan kelok 9 ini menawarkan keindahan yang luar biasa untuk moment kenangan anda bersama sahabat, keluarga ketika berada disini. Mari kito berwisata dan singgah ke jembatan kelok 9 sumatera barat.

Sumber Gambar : Google

Facebook Comment