Koreksi Dirimu Dengan Baik Sebelum Kau Mengoreksi Orang Lain




Kita hidup didunia tak akan pernah bisa jauh dari keramaian, sosialiasi dan saling berbagi dan saling mengisi ruang agar tercipta suatu kehidupan yang harmonis antar sesame. Kita tidakbisa hidup juga tanpa adanya mereka karena kita kita ini adalah mahluk social yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

Sebagai mahluk social tentunya kita tidak bisa dipisahkan dengan duniia keramaian, saling berdiskusi, bercengkrama satu sama lain dalam waktu kita sehari-hari. Tentunya kita sudah tahu betul akan apa yang kita alami dalam kehidupan kita sehari. Tak semua waktu yang kita jalani selalu mendapatkan hari yang indah dan tanpa ada gundah dialamnya karena tanpa kita sadari suatu hal dan masalah telah datang kepada kita yang membuat kita kesal dibuatnya.
 Sumber Gambar : Google
Salah satu contoh yang saya ambil adalah mengoreksi orang lain. Mengoreksi ini mengadung arti yang luas dalam hidup ini namun identik dengan hal yang buruk karena kata koreksi berarti memeberikan masukan kepada orang lain yang tentuya dengan dasar yang mungkin saja akan bertentangan dengan oendapat orang tersebut.Sebagai salah satu contoh saja kita ambil di dalam kehidupan kita sehari-hari adalah mengoreksi orang lain yang sedang bekerja namun pekerjaan itu menurut kita salah dan tidak mengikuti aturan yang kita inginkan dan melenceng jauh dengan apa yang kita tahu, namun dari segi orang yang mengerjakannya tentunya memiliki pendapat lain karena dia menganggap itu adalah benar. Nah terjadi salah paham dan salh pengertian didalamnya.

Jika kita hendak mengoreksi hal semacam peristiwa diatas, atau hal lainnya yang bertentangan dengan orang lain, ada baiknya anda mengoreksi diri anda dahulu dengan baik, apakah pendapat yang kita keluarkan sudah bisa diterima dengan baik di hati mereka atau belum, atau apakah kita sudah memberikan masukan yang baik kepada mereka bagaimana seharusnya dilakukan, jangan langsung koreksi tanpa menyadari betapa ktai lebih buruk dari apa yang kita koreksi.

Jadi, koreksi dirimu sebelum engkau mengoreksi orang lain, lihat dirimu apakah sudah mampukah memberikan masukan yang baik kepada mereka, sudah cukup baikkah dirimu dlaam penguasaan ilmunya disbanding mereka, jika belum maka ada baiknya anda menunda dan tak ada salahnya ada bertanya dan belaajr dri mereka agar dirimu lebih sadar bahwa dirimu juga masih banyak kurangnya.

Facebook Comment