14 Jan 2015

Blogger Berparas Kreatif Jelmaan Seorang Copywiter



Kita semua tentunya tidak asing lagi dalam menyaksikan Iklan-iklan yang ditampilkan di TV, Didengar lewat Radio, dan pasti kita melihat juga tulisan atau sebuah pernyataan dalam iklan audio visual, reklame yang pernah kita lihat dijalan dan spanduk yang sifatnya mengajak, memperkenalkan sosok figur atau sebuah produk dan hal lain sebagainya yang sifatnya mempromosikan alias dunia komersial pastinya. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui siapa yang mengerjakan hal tersebut, dan siapa yang ada dibelakang layar dalam hal tersebut sehingga menjadi sebuah pertanyaan dan hal yang menarik untuk kita bahas dalam kesempatan ini. Seperti contohnya sebuah iklan di T, misalnya saja iklan POP MIE yang baru-baru ini buming di dalam keseharian kita yang terdapat kita di TV Dengan Perkataan yaitu "Dari Hongkong nich".
Nah, Bagaimana mereka melakukan itu, dan siapa yang membuat hal itu sehingga menarik perhatian kita untuk kita saksikan dan kita lihat, mungkin saja kita membeli produk POP MIE tersebut biar dapat cewek “DariHongkong nich”. Belum lagi lain seperti layaknya spanduk, reklame di jalan yang sifatnya juga memperkenalkan, mengajak para penggunakan untuk membeli barang yang pasang tersebut. Belum lagi spanduk yang belakangan ini dibahu jalan ramai dengan spanduk pilkada, pemilu dan lain sebagainya, tentunya di dalam spanduk tersebut berisikan tulisan yang sifatnya mengajak untuk “pilih saya” dan sebagainya.

Nah, Dari berbagai aspek kehiudpan nyatayang saya tahu, maka saya beralih ke dunia saya yaitu dunia yang saya geluti saat ini blogger mania, Terus apa hubungannya dengan blogger dengan bahan yang saya ceritakan diatas, Tentu ada hubungannya, kenapa saya mereferensi tulisan diatas menurut versi saya. Mungkin tidak terlalu mengerti akan dunia yang satu ini yaitu copywrite namun setelah saya bolak balik, kesana kemari melintasi alamnya google, kahirnya saya bisa mencerna sedikit ilmu dari pemberian mbah google ini mengenai copywrite ini. Bukan Tanpa sebab atau tanpa alasan saya menulis hal ini, namun menurut ketentuan yang berlaku di Negeri LBI, Saya hari membahas mengenai hal yang berhubungan dengan blogger dalam dunia copywrite. Nah Berikut Penjelasannya mengenai Apa itu CopyWrite dan apa yang mereka kerjakan ?.
Copywrite adalah seorang penulis yang mengerjakan tulisan yang bersifat komersial untuk mengulas suatu produk yang disajikan dalam tulisan yang ringkas, padat dan gampang dimengerti oleh penikmatnya dan tentunya tepat sasaran. Orang yang berprofesi sebagai copywrite ini dinamakan copywriter. Nah Sudah pahamkah akan seorang copywriter ini ?, Jika belum saya juga belum negerti amat akan hal itu, namun menurut pengetahuan dan referensi saya seperti itulah copywrite itu. Nah bagaimana ada hubungannya dengan blogger ?. Begini, Kita tahu seorang copywriter itu kerjaannya adalah mereview suatu produk dalam bentuk tulisan alias dengantujuan agar lebih menarik dan terlihat bagus dimata masyarakat.

Nah, Seorang blogger juga seorang penulis dan kita pasti mengethuinya hal tersebut, Blogger pasti menulis banyak atau sedikit tersaji8 di dalam blognya. Nah,Untuk bisa menarik perhatian alias menarik peminat pengunjung blog maka si blogger harus berpikiran kreatif dan mandiri alias menulis denagn gaya tersendiri dan tidak terpengaruh dengan tulisan orang lain. Jika seorang blogger lebih kreatif dalam dunia blogger ini maka efeknya adalah blog tersebut akan ramai dengan pengunjung dan tentunya akan terlihat dari rangking blog yang semakin tinggi dan semakin terkenal oleh pembaca. Melihat perkembangan itu sebenarnya seorang blogger telah menjadi seorang copywriter karena secara tidak sadar mereka telah menjual, mempromosikan, dan memperkenalkan blog mereka lewat tulisan mereka yang kreatif dan menarik. Hal yang menunjukan blogger itu boleh dikatakan seorang copywriter, lihat dari cara mereka memasarkan blog mereka ke akun media social mereka dengan sangat kreatif agar menarik untuk dikunjungi blog mereka tersebut.
Entah itu lewat twitter, facebook, google+ dan akun media social lainnya yang kita miliki untuk promosikan blog kita. Jadi dalam perkiraan saya, blogger yang kreatif dalam cara menulis dan posting diblog mereka, tidak kaku dalam menacari judul yang komersial dan tidak mengikuti apa yang ada saja dan seorang blogger seperti itu bisa dikatakan seorang copywriter karena secara tujuanpun sama yaitu menjual, mempromiskan agar menarik peminat akan hal yang mereka promosikan tersebut. Nah Jadi itulah menurut persepsi saya mengenai dunia yang belum terjamah secara jelas oleh saya yaitu copywrite, Namun tugas tetaplah tugas yang harus saya buktikan bahwa aku juga seorang copywrite karena dengan tidak segaja saya telah menjalani profesi tersebut sejak pertama kali aku ngeblog dan tinggal di dunia blogger ini. Nah, Bagaimana dengan pendapat sobat blogger semua mengenai copywite ini, Silakan Referensi tulisan saya ini dengan memberikan tanggapan, apakah aku sudah benar atau salah, karena aku sadar kebenaran itu hanya miliki yang maha kuasa, namun dari kesalahanlah kita bisa menjadi orang selalu belajar untuk menjadi benar dan berhasil dalam kehidupan ini. Jadi sudah siap menjadi blogger kreatif ala copywrite ?, Silakan beri masukanmu dengan berkoemntar dibawah ini dan insya allah saya jawab semampu aku bisa menjawabnya.

30 komentar

Judulnya puitis banget Maschun , hehehe. Tp sepertinya agak beda antara review produk dan copywriting, kalo review itu stlh pake produk,,diulas plus minusnya, tidak hrs mengajak orang lain utk pakai produk.. kalo copywriting promosi keunggulan produk aja. cmiiw ya

terima kasih ruri masukannya :)

iya mas setuju nih secara g langsung jika blogger udah sukses menjual tulisannya maka mreka udh nerapin teknik copywriting... berguna banget yaa

Indikatornya jelas ya jika seperti ini.

terima kasih liu liu jika bermanfaat untuk anda

Iya ya sering kita sudah melakukan suatu hal yang belum kita ngerti istilahnya. Termasuk saya ttg copywriter
Hehe

Yang paling sulit ya promosi, kadang kita ngga punya keahlian merayu, boro-boro dapetin visitor eh malah di-unfriend atau unfollow :(

@ifanandrip - www.ifantastis.com - #LBI2015

Sofwan kok banyak typo nulisnya? :(

@honeylizious

Mantap nih :) copywriter dan blogger sama-sama menulis tapi ada perbedaan sedikit. Hehe

wkwkkw dari hongkong nich :D
dari judulnya udah menarik, "jelmaan". Ideep harus mengulang kata itu untuk memahaminya hahah

andresyaideep.blogspot.com

bro mata ane pedes bro, satu paragrap terlalu panjang. apalagi yang 2 paraghrap terakhir, pajang banjed.

saya terkendala masalah nich bro, tapi semngat bro :)

maksud typo itu apa kak honey :)

mohon dinenerin yak mas kalo ada yang salah :)

semoga bisa anda mengerti, maklum :)

oh gitu mas, terima kasih atas masukannya, nanti saya benerin jika nulis lagi :)

Review produk termasuk cooywriting kan? Jadi bingung dengan definisi copywriting

@rin_mizsipoel

pegangan kalo binggung yak, menurut saya sich copywriter itu ya seorang blogger kreatif gitu :)

typo itu salah ketik maschun :D

--Kalo bingung, pegangan.-- Pegang apa dulu nih, Mas?
Saya sih, gak muluk-muluk. Pingin dapat duit banyak duit dari Hongkong. He...7x

mas nuzul, bisa mas tapi dari mana, dari hongkong, hahaha

Menerapkan copywriting dalam blogging, jurus ampuh sukses ngeblog.

ternyata ada paras baru ya mas, paras copywriter.

#selamat bagi para blogger yg sdh stable dgn postingan copywiter

saya masih susah kalau buat postingan yang menjual. Hehe

memang kita harus bisa menjelma seperti bunglon disaat kita sedang kesulitan. contohnya saat ditagih hutang.

Aku ngiranya copywriting itu tulisan yang dicopas lho Mas. Eh, ternyata bukan. Baru ngerti kalau copywriting itu menulis tulisan yang bersifat ngiklan :)

Copywriter kudu up to date, biar lebih dulu tau tentang mangsa pasar hihi

Awalnya sempat bingung juga mengenai apa itu copywriter, untung ada LBI2015. Karena temanya adalah blogger dan copywriting makanya "terpaksa" cari tahu mengenai copywriting dan seluk beluknya. Hehehehe...


EmoticonEmoticon